Angin Kencang, Puluhan Rumah di Bulukumba Rusak – FAJAR sulsel
News

Angin Kencang, Puluhan Rumah di Bulukumba Rusak

BULUKUMBA,RADAR SELATAN.CO.ID — Sejumlah rumah warga yang berada di desa Kahayya, Kindang, dan desa Padang, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, rusak pasca diterjang angin kencang, kemarin.

Warga yang menjadi korban angin kencang terpaksa harus mengungsi sementara di rumah tetangga.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPD) Bulukumba, Andi Akrim, mengaku, saat ini, tim reaksi cepat sudah diterjunkan ke lapangan membantu masyarakat yang menjadi korban angin puting beliung guna membenahi rumahnya. Bahkan, Pemkab akan menyiapkan bantuan bagi msyarakat korban angin kencang, yang membutuhkan berupa tenda. Sebab, kalau bantuan logistic belum terlalu diperlukan, kecuali atap.

“Iya, beberapa rumah rusak. Dia terjang angin kencang, ada di Padang dan Kahayya,” ujarnya.

Dia mengaku, kebanyakan rumah yang rusak diterjang angin kencang masih dalam kondisi semi permanen, sehingga memang rawan apalagi rumah kayu. Namun, kerusakan ini tidak terlalu parah, khususnya di desa Kahayya, dia hanya mengalami kerusakan ringan saja. Sedangkan, di desa Padang cukup mengalami kerusakan sedang. Jumlah kerugian ditaksir hanya mencapai puluhan juta rupiah.

“Hasil pengamatan kami, hanya rusak ringan di Kahayya. Di padang itu sedang,” katanya.

Dia menjelaskan, dalam pemberian bantuan ada prosuder, laporan yang masuk akan diolah, selanjutnya akan dibicarakan sesuai prosuder. Tidak bisa langsung memberikan bantuan, apalagi berbicara bantuan atap seng. Saat ini, masih dalam tahap pendataan, namun informasi yang masuk keseluruhan ini mencapai 17 rumah, enam di Padang dan sebelas di Kahayya.

“Kalau bantuan seng harus dibicarakan dulu, ada prosuder, tidak bisa langsung. Harus olah laporan yang masuk,” jelasnya.

RADAR SELATAN

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top