Gaji Guru Ditransfer Langsung ke Rekening   – FAJAR sulsel
News

Gaji Guru Ditransfer Langsung ke Rekening  

Mulai bulan depan, gaji guru SMA dan SMK se-Sulsel langsung ditransfer ke rekening masing-masing. Tak boleh lagi melalui bendahara. Tak hanya itu, segala bentuk bantuan ke sekolah juga harus sepengetahuan Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel. Di sekolah, tak hanya siswa yang kerap menjadi korban pungutan liar alias pungli.

Guru juga menjadi korban. Terutama saat mereka menerima gaji yang selama ini melalui bendahara. Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel, Irman Yasin Limpo mengaku sudah menemukan hal itu saat sidak ke sekolah-sekolah. Gaji guru dipotong dengan pelbagai alasan. “Malah ada yang sampai 15 jenis pungutan.

Kalau gajinya Rp2 juta, bisa jadi potongannya sampai Rp300 ribu,” ungkap Irman, Senin (6/2). Untuk itu, None, sapaan karib Irman, telah mengeluarkan surat edaran soal larangan penerimaan gaji melalui bendahara. Ini berlaku mulai bulan depan. Gaji guru harus ditransferkan langsung ke rekening masing-masing guru dari bank penyalur.

“Kalau masih ada (lewat bendahara), kami akan setop gajinya. Harus dipastikan sampainya di kantong masing-masing guru,” kata None. Larangan lain, sekolah tidak dibenarkan menerima bantuan dari pihak mana pun tanpa sepengetahuan Disdik. Bantuannya beragam, mulai dari bantuan program, keuangan, maupun fisik.

“Kita berpikir sekolah tidak boleh ada sponsor. Bantuan dari kementerian juga harus melalui Disdik. Sebab, semuanya dapat berimplikasi terhadap penghitungan aset,” ujar None.

Terpisah, Sekretaris Komisi E DPRD Sulsel, Marjono mendukung langkah Disdik itu. Menurut dia, penggajian guru melalui rekening sebenarnya sudah lama dilakukan. “Kalau masih ada lewat bendahara, itu sebuah kemunduran. Di era yang serba canggih seperti ini, seharusnya guru memegang ATM saja,” kata politikus Partai Gerindra itu. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top