Harus Punya Nilai Jual – FAJAR sulsel
News

Harus Punya Nilai Jual

PENGAMAT Politik Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin, Dr. Firdaus Muhammad menyebutkan bahwa selain fokus pada partai pengusung, kandidat calon gubernur juga harus mencari pasangan yang punya nilai jual nantinya.

Misalnya saja, sebut Firdaus untuk Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang. Dia mengasumsikan Agus adalah birokrasi yang mengetahui seluk beluk pemerintahan Sulsel.

“Nah, siapa calon wakil yang tepat? calonnya itu bisa jadi siapapun. Nah, menjadi masalah serius siapakah yang tepat untuk jadi wakilnya atau calon pendampingnya yang tepat, pak Agus harus melihat nilai jual pendampingnya. Karena Pak Agus secara personaliti sudah memiliki nilai jual yang memiliki pengalaman di birokrasi,” ungkap Firdaus saat menjadi pembicara dalam Dialog Intelektual yang diselenggarakan Bintang Muda Foundation, di Jalan Hetasning, Senin (6/2).

Firdaus merincikan hitungan kekuatan Agus jika mengincar pasangan yang memiliki nilai jual ditinjau secara geopolitik harusnya di bagian selatan. Karena, sambung dia, posisi Agus berada di tengah dan utara.

“Di selatan kita ketahui ada beberapa nama seperti Nurdin Abdullah ada Ichsan. Kalkulasinya bisa tidak berpasangan itu tergantung komunikasi. Kalau dibagian utara ada Cakka disana ada Ibu Indah disana kalau kita menghitung kompetensi orangnya dan geo politiknya,”terangnya.

Lalu selanjutnya, jikalau menghitung dari kekuatan partainya, setidaknya partai yang bisa menjual yakni diukur dari kursinya. Diantaranya Demokrat dan Gerindra.

“Kalau pak Agus dengan Aliyah Mustika Ilham ada sedikit rasionalisasi politiknya. Itu tidak keliru, karena iLanjut Firdaus menjelaskan bahwa yang harus dipikirkan yakni strategi. Seperti apa yang harus dilakukan Agus Arifin Nu’mang agar menguatkan dirinya di Pilgub.

Menurutnya, Agus sangat layak untuk memimpin Sulsel berikutnya. Pasalnya, pengalaman di birorasi sudah sangat mengetahui bagaimana menjalankan pemerintahan Sulsel.

“Saya bicara konteks pak Agus sekarang untuk Pilgub. Kalau Pak Agus menjadi gubernur itu tidak sulit menjalankan pemerintahannya, karena sudah sangat memahami anatomi Sulsel dari berbagai aspek,” ungkapnya.(and/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top