Teliti Bahan Ajar Bahasa Inggris, Dosen Sastra UMI Raih Doktor – FAJAR sulsel
News

Teliti Bahan Ajar Bahasa Inggris, Dosen Sastra UMI Raih Doktor

IMG-20170207-WA0004Makassar, Upeks–Doktor Universitas Muslim Indonesia (UMI) kembali bertambah. Salah seorang dosen Fakultas Sastra UMI Muhammad Yunus meraih gelar doktor di Universitas Negeri Makassar ( 7/2) di Aula PPs UNM.

0

Rektor UMI,  Prof Dr Hj Masrurah Mochtar (kanan)  berfoto bersama Dr Muh Yunus Mpd,  SS dan Istri.

Rektor UMI, Prof Dr Hj Masrurah Mochtar (kanan) berfoto bersama Dr Muh Yunus Mpd, SS dan Istri.

Alumni Fak Sastra UMI ini berhasil mempertahankan judul disertasi pengembangan bahan ajar membaca berbasis tugas untuk mahasiswa EFL Indonesia di depan penguji yang dipimpin Direktur PPs UNM Prof Dr Jasruddin M.Si. Hadir pula Rektor UMI Prof Dr Hj Masrurah Mokhtar MA, Dekan Fak. Sastra UMI Dra Hj Muly Umiaty Noer, M.Hum, dan civitas akademika Fak Sastra UMI.
Yunus menjelaskan, tujuan penelitian untuk mengembangkan bahan ajar materi bacaan serta buku kerja mahasiswa yang berbasis tugas yang cocok digunakan dalam pengajaran yang dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami buku-buku teks yang berbahasa Inggris kemudian untuk mengksploarasi efektivitas bahan ajar yang telah dikembangkan dalam meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami teks Bahasa Inggris dan untuk melihat seperti apa respon mahasiswa dan dosen terhadap bahan ajar yang telah dikembangkan dan diimplementasikan di dalam kelas.
Hasil penelitian dengan angket 25 mahasiswa sebagai sampel dari jumlah 200 di Akademi Bahasa Asing (ABA) UMI,menunjukkan bahwa buku ajar membaca yang dikembangkan cocok unruk digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris untuk mahasiswa EFL indonesia kemudian bahan ajar tersebut efektif untuk digunakan dalam meningkatkan kemampuan memahamai teks bacaan Bahasa Inggris dan bahan ajar tersebut mendapat respon positif baik dari kalangan dosen dan mahasiswa dan berimplikasi terhadap kemajuan mahasiswa secara signifikan setelah bahan ajar diajarkan beberapa kali pertemuan.
“Kemajuan ditunjukkan dengan uji hasil sampel t-test berpasangan nilai p dibaeha 0.05. Dengan demikian bahan ajar membava berbasis tugas yg dikembangkan direkomendasikan untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata kuliah reading comprehension untuk.mahasiswa EFL Indonesia khususnya mahasiswa ABA UMI,” ujar Yunus yang juga seorang muballigh ini. (*)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top