Festival Layang-layang Berhadiah Jutaan Rupiah – FAJAR sulsel
News

Festival Layang-layang Berhadiah Jutaan Rupiah

BELOPA — Ajang pameran Luwu Expo yang dilaksanakan Pemkab Luwu dipimpin langsung Bupati Luwu, HA Mudzakkar betul-betul menjadi ajang hiburan bagi seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Luwu.

Selasa 7 Februari 2017, giliran anak-anak dan remaja yang dihibur dengan acara Festival Layang-layang berhadiah jutaan rupiah.

Dikomandoi Sekretaris Dinas Satpol-PP Luwu, Andi Iskandar S.Sos dan Sekretaris Dinas Kominfo Luwu Drs Anwar Usman, seluruh stand SKPD dan kecamatan mengikuti festival layang-layang yang terdiri dari dua jenis, yakni layang-layang hias dan layang-layang aduan (gallasa, Red).

Dari pantauan harian Palopo Pos menyebutkan, festival layang-layang yang digelar di arena Luwu Expo, diawali dengan perlombaan menaikkan layang-layang hias diikuti perwakilan stand SKPD dan stand Kecamatan.

Bahkan, Bupati Luwu HA Mudzakkar, Wakil Bupati Luwu H Amru Saher serta Ketua DPRD Luwu, Andi Abdul Muharrir, bersama puluhan kepala SKPD dan Camat beserta stafnya juga ikut ambil bagian.

“Perlombaan layang-layang hias ini ada tiga penilaian, yakni bagaimana cara menaikkan layang-layang dengan baik, kemudian keindahan layang-layang hias saat diterbangkan keatas, serta cara menurunkan dengan baik yang tidak menyentuh tanah. Para pemenang lomba layang-layang hias ini akan kita umumkan diperingatan Hari Jadi Ibukota Belopa ke-11 tanggal 13 Februari mendatang,” jelas Andi Iskandar.

Disamping menggelar lomba layang-layang hias, pula digelar lomba layang-layang adu atau gallasa,dimana semua layang-layang perwakilan SKPD, kecamatan juga layang-layang Bupati Luwu HA Mudzakkar, Wabup Luwu H Amru Saher dan Ketua DPRD Luwu Andi Abdul Muharrir, juga diterbangkan setinggi-tingginya, kemudian diadu atau saling baku gallas diatas udara.

Menariknya dari lomba layang-layang gallasa ini, setiap layang-layang yang putus, anak-anak yang menonton dipersilakan untuk mengejar layang-layang tersebut dan bila dikembalikan ke SKPD yang bersangkutan diberi hadiah uang tunai.

Jumlahnya hingga mencapai jutaan rupiah.
Sekretaris Dinas Kominfo, Anwar Usman menyebutkan, layang-layang yang putus tertulis nama SKPD dan jumlah nominal uang yang akan diterima jika dikembalikan, rata-rata menulis antara Rp50 Ribu hingga Rp500 Ribu untuk satu layang-layang.

Sehingga total hadiah dari puluhan layang-layang, sebutnya, ini jumlahnya mencapai jutaan rupiah. Termasuk ada anak-anak yang mendapat hadiah sebesar Rp1 Juta yang berhasil mendapatkan layang-layang Bupati Luwu yang putus.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top