Hamsiah Iksan Kembangkan UMKM di Butta Turatea – FAJAR sulsel
News

Hamsiah Iksan Kembangkan UMKM di Butta Turatea

JENEPONTO, UPEKS.co.id — Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki peran strategis dalam mengatasi masalah kemiskinan dan pengangguran, karena UMKM dapat menciptakan peluang kerja yang cukup besar sehingga sangat membantu upaya meningkatkan pendapatan serta mengurangi pengangguran.

Demikian disampaikan Ketua Tim Penggerak PKK Jeneponto Hj Hamsiah Iksan saat berkunjung pada Kantor Diskop UKM Jeneponto.

Kedatangan istri nomor satu di Kantor Diskop Jeneponto ini terkait program sinkronisasi kegiatan pengembangan UKM.

“UMKM dapat mengatasi masalah perekonomian serta menciptakan peluang kerja yang cukup besar sehingga sangat membantu upaya pemerintah dalam mengurangi angka kemiskinan dan pengangguran di Butta Turatea,” jelas Hamsiah.

Sementara Kadis Koperasi Jeneponto H Zubair, mengatakan bahwa kunjungan Tim Penggerak PKK ini menjadi stimulasi bagi Diskop untuk terus mendesain program yang pro terhadap peningkatan UKM dan memastikan bahwa pelaku usaha terus mendapat pembinaan dan pendampingan, ujarnya.

Ditempat terpisah Kabid Pengembangan UKM Mustaufiq, mengungkapkan bahwa kelemahan mendasar yang dihadapi UMKM dalam bidang pemasaran adalah orientasi pasar yang rendah, yang mengakibatkan lemahnya para UMKM dalam menghadapi persaingan yang kompleks dan tajam.

“Untuk itu para UKM harus menciptakan terobosan baru agar mampu bersaing dengan dunia usaha lainnya, seperti mengemas (packaging) makanan yang selesai diproduksi dengan tampilan dan kemasan yang menarik guna menarik minat pasar,” saran Mustaufiq.

Olehnya itu, kata Dia di tahun 2017 ini Diskop bekerjasama Tim Penggerak PKK, dan LSM Pattiro Jeka akan bekerjasama memfasilitasi para pelaku UMKM dalam hal pelatihan pengemasan dengan melibatkan pelaku dan profesional ahli dibidangnya, tandasnya. (lau)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top