Hanya Desa Pertasi Kencana Dapat PTSL – FAJAR sulsel
News

Hanya Desa Pertasi Kencana Dapat PTSL

MALILI—Desa Pertasi Kencana, Kecamatan Kalaena, Kabupaten Luwu Timur (Lutim), satu-satunya desa di Bumi Batara Guru, yang mendapat jatah program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Sebanyak 350 bidang tanah, tersentuh program pertasi. Desa tersebut merupakan satu-satunya desa yang ada di Lutim yang mendapat program PTSL dari Bandan Pertanahan Nasional (BPN) guna penerbitan sertipikat di tahun 2017.

Desa Pertasi Kencana terpilih masuk program PTSL, karena lahanya sisa sedikit yang belum bersertipikat dibanding dengan desa lainya yang ada di Lutim.

Karena dalam kriteria untuk menentukan desa yang bisa mendapat PTSL adalah desa yang lahannya tinggal sedikit yang terdaftar untuk disertipikatkan. Dalam menentukan desa itu awalnya dilakukan survei lapangan dan wawancara langsung bersama kepala desa dan perangkatnya.

“Kita turun kelapangan untuk survei langsung, apakah desa itu layak atau tidak untuk mendapatkan PTSL berdasarkan ketentuan yang ada,” kata Kepala BPN Kabupaten Lutim, HSyarifuddin, kepada Palopo Pos, Selasa 7 Pebruari 2017.

Lanjut, program ini adalah merupakan pengganti persertipikatan Prona yang diarahkan untuk menunjang PTSL. Dan bahkan ketentuan dalam pelaksanaannya sama dengan pembuatan sertipikat prona biasa.

Atau bisa juga disebut pengganti prona yang tahun 2017 ini ditiadakan.
Adapun anggaran untuk PTSL ini, yang mencakup biaya operasional pada seluruh kegiatan itu dibayar di Kanwil BPN Sulsel, karena Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) nya berada di Kanwil.

Sekedar diketahui, sejauh ini proses PTSL kini baru masuk dalam persiapan pembuatan petah petah penunjang. Setelah itu akan masuk dalam tahapan sosialisasi dan penetapan lokasi. Tapi meski begitu kegiatan PTSL ini diupayakan selesai Mei 2017 mendatang.(akm/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top