KASN Awasi Kinerja Pansel – FAJAR sulsel
News

KASN Awasi Kinerja Pansel

asv

Lelang Jabatan Disebut Formalitas

PENULIS : ROSDIANA SULJA

WATAMPONE, RB—Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia menyatakan akan memantau perkembangan proses lelang jabatan di lingkup Pemerintah Kabupaten Bone. KASN melalui Asisten Komisioner Bidang Pengkajian dan Pengembangan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) Republik Indonesia, Dr H Irwansyah MSi menegaskan kegiatan seleksi terbuka Pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama yang digelar Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Bone agar dilakukan secara selektif.

“Seleksi ini harus dilakukan secara selektif dan KASN memastikan prosesnya berjalan sesuai perencanaan dan ketentuan yang berlaku,” tegasnya saat dikonfirmasi RADAR BONE terkait mekanisme pelaksanaan lelang jabatan, Senin 6 Februari lalu.

Mantan Kepala Bappeda Kabupaten Bone ini menambahkan kegiatan seleksi bukan sekadar formalitas belaka.
Pansel yang dibentuk mayoritas dari pihak eksternal pemerintah daerah. Selain itu, kata Irwansyah peserta uji kompetensi tidak dijamin bisa lulus secara keseluruhan untuk mengisi jabatan yang lowong.

“Bisa jadi figur yang diunggulkan untuk menduduki jabatan tersebut, bahkan sudah menjadi pelaksana tugas (Plt) malah tidak bisa lolos masuk tiga besar,” terangnya.

Mantan pejabat pemkab yang dinonjob pada era kepemimpinan Bupati Bone HA Fahsar Mahdin Padjalangi ini mengatakan ada daerah yang bahkan harus mengulang seleksi terbuka karena tidak ada peserta yang lolos.

“Berdasarkan UU ASN, maka bupati hanya akan memilih satu nama dari tiga peserta terbaik yang direkomendasikan Pansel untuk setiap jabatan,” bebernya.

Lebih lanjut kata pejabat penggemar sepakbola ini, Tim Pansel dan assessor akan menentukan peserta yang bisa direkomendasikan ke bupati.

“Dari tiga nama itu, bupati memilih satu nama saja, itupun setelah KASN menyetujui hasil seleksi,” pungkasnya.
Ketatnya persayaratan yang harus dipenuhi dalam seleksi terbuka tersebut membuat para calon peserta pun harus melakukan persiapan matang terutama melengkapi berkas administrasi yang harus dilampirkan. “Sampai saat ini belum ada pendaftar yang mengajukan berkas,” kata Drs Asse MSi, Kepala Bidang Pengembangan Aparatur BKPSDM Kabupaten Bone, Senin 6 Februari lalu.

Plt Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Bone, A Promal Pawi yang membidik jabatan Kepala Dinas Kebudayaan, saat dikonfirmasi RADAR BONE melalui sambungan telepon mengakui masih sementara menyusun berkas. “Banyak sekali berkas yang harus dilampirkan seperti ijazah, SK dan juga penghargaan yang pernah diterima. Belum lagi pemeriksaan kesehatan hingga SKCK,” katanya.

Mantan Kabag Humas dan Infokom ini pun menargetkan pa-ling lambat pekan depan, berkas pendaftarannya sudah masuk. “Masih banyak waktu untuk melakukan persiapan,” katanya.

Hal senada diungkapkan Plt Kepala Dinas Pemberdayaan Pe-rempuan dan Perlindungan Anak, Hj A Nurmalia SH MH. “Saya belum tahu jelas apa-apa yang mesti dipersiapkan. Lagi sibuk dulu urus program kerja dan juga kegiatan organisasi PKK,” ujarnya.

Informasi yang diterima RADAR BONE, pagi ini calon peserta ramai-ramai mengurus keterangan jiwa di RSUD Tenriawaru Watampone.

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top