Komisioner OJK Harus Bebas Intervensi Politik – FAJAR sulsel
News

Komisioner OJK Harus Bebas Intervensi Politik

Proses seleksi calon anggota Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pusat mendapat tanggapan dari anggota DPD asal Sulsel, Ir Bahar Ngitung.

Senator yang akrab Om Bahar Mantap (Obama) ini mengatakan, mereka yang ingin menduduki menjadi anggota komisioner harus bebas atau tidak ada menjadi anggota partai politik. Jika ada titipan parpol dikhawatirkan akan menimbulkan permasalahan ke depan. Apalagi, lanjutnya, peran OJK sangat vital. “Kami berharap mereka yang terpilih nantinya tidak ada orang parpol,” ujarnya.

Dia menguraikan sejak berpisah dari BI, peran OJK sangat vital terhadap pengawasan lembaga keuangan. OJK tidak hanya mengawasi perbankan, akan tetapi lembaga non bank pun diawasi. Jika dalam pengawasan ada orang parpol atau titipan dikhawatirkan sudah tidak independen lagi.

Seperti diketahui bahwa 174 peserta telah memenuhi kelengkapan berkas administrasi dalam tahap pertama seleksi anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan periode 2017-2022.

“Yang mendaftar 843, yang komplit laporannya mencapai 174,” kata Sri Mulyani yang juga merangkap ketua panitia seleksi seperti dikutip dalam situs kemenkeu.go.id.

Sri Mulyani belum mengungkapkan nama-nama yang lolos tahapan administrasi tersebut, karena hal itu akan diumumkan secara resmi.

Dalam kesempatan terpisah, dia memastikan panitia seleksi akan mencari calon anggota yang memenuhi kriteria dan melakukan penilaian berdasarkan evaluasi yang sudah dilakukan anggota Dewan Komisioner OJK dalam lima tahun terakhir.

“Berdasarkan itu kita mencari kandidat yang bisa memperbaiki kinerja, mengkoreksi hal-hal yang dianggap lemah industri dan mengawal visi untuk membangun industri keuangan yang inklusif serta memiliki integritas,” kata Sri Mulyani. (edo)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top