Penyelenggara Musnahkan 226 Surat Suara Rusak – FAJAR sulsel
News

Penyelenggara Musnahkan 226 Surat Suara Rusak

MAJENE, UPEKS.co.id — Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Majene selaku penyelenggara Pilkada memusnahkan sebanyak 226 lembar surat suara rusak atau cacat, Selasa (7/2) kemarin. Pemusnahan surat suara dilakukan di halaman Kantor KPUD Kabupaten Majene dengan cara dibakar.

Pemusnahan disaksikan, Anggota Panwaslih Kabupaten Majene Muhammad Hidayat, Kepala Satuan Intelkam Polres Majene Inspektur Polisi Satu (Iptu) Muhammad Tawhid.

Ketua KPUD Kabupaten Majene, Asmanuddin mengatakan, ada sekitar 226 lembar surat suara Pilkada Gubernur Sulawesi Barat yang ditemukan rusak saat dilakukan penyortiran.

“Surat suara rusak tersebut kami temukan saat melakukan penyortiran dan sudah dimusnahkan yang disaksikan Panwaslih bersama pihak kepolisian. Surat suara ini sudah diganti dari KPU Provinsi sebanyak surat suara yang rusak,” kata Asmanuddin.

Dia menjelaskan dari ratusan lembar surat suara yang rusak itu disebabkan karena robek, mengalami gradasi warna, bayangan pada salah satu pasangan calon, dan ada noda pada kolom pencoblosan.

“Setelah kami teliti dan berkoordinasi dengan KPU Sulbar hasilnya kami nyatakan rusak. Sesuai aturan dimusnahkan setelah dibuatkan berita acara yang disaksikan Panwaslih dan aparat kepolisian,” ujarnya.

Asmanuddin juga mengatakan, pemusnahan surat suara yang rusak sebagai sesuatu yang penting. Juga sebagai bagian dari transparansi KPUD secara obyektif terbuka.

“Ini dimusnahkan untuk mengantisipasi penyalahgunaan surat suara oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab. Sementara untuk pendistribusiannya akan dilakukan pada 11 Februari mendatang,”pungkasnya. (ali/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top