Produksi Jagung Meningkat 1.566 Ton – FAJAR sulsel
News

Produksi Jagung Meningkat 1.566 Ton

*Wali Kota: Manfaatkan Lahan Kosong!

PALOPO — Pemerintah Kota Palopo akhirnya menuai hasil dari bantuan benih jagung sebanyak 850 Ha atau setara dengan 21,25 ton benih jagung yang telah disalurkan kepada 40 kelompok tani, bersama dengan 10 unit corn sheller/pemimpil jagung beberapa waktu lalu.

Kemarin, Selasa 7 Februari 2017, Wali Kota Palopo HM Judas Amir melakukan panen perdana jagung hibrida pada lahan khusus seluas 25 Hektar di Kelurahan Rampoang Kecamatan Bara. Lahan tersebut merupakan lokasi Kelompok Tani ‘Padang Tiku binaan Dispertanak.

Menurut Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Holtikultura Dispertanak Palopo, M. Natsir dalam laporannya, dengan dilakukannya panen perdana ini, produksi jagung di Kota Palopo mengalami peningkatan sebesar 6.393 ton pada 2016 atau meningkat sekitar 1.566 ton dibanding tahun sebelumnya.

Karna itu untuk lebih meningkatkan lagi, Dispertanak kembali mendistribusikan benih jagung untuk lahan seluas 1000 Ha atau setara dengan 25 ton benih. “Adanya hal itu diharapkan tahun 2017 akan terjadi lagi peningkatan luas lahan tanaman dan peningkatan produksi,” katanya.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH dikesempatan tersebut mengajak kepada masyarakat memanfaatkan lahan kosong untuk meningkatkan produktifitas pertanian. “Biarpun Palopo ini ‘kota’, tapi masih ada lahan kosong, yang bisa kita manfaatkan,” kata orang nomor satu di Kota Palopo ini.

Begitu juga dengan pekarangan rumah agar jangan dibiarkan menganggur. Sebaiknya itu dimanfaatkan dengan baik untuk ditanami cabai. “Ini cabai kadang dilihat biasa, namun ketika harganya melonjak menjadi hal yang cukup bikin pusing juga,” celetuk Judas.

Ia menegaskan jika ada tanah kosong dalam kota tanami cabai, programkan. Agar jangan terlalu berharap pasokan dari luar, paling tidak, dengan itu bisa memenuhi kebutuhan rumah tangganya.

Terkait hal itu ia memerintahkan khusus kepada Kadis Pertanak agar memprogramkan pengelolaan lahan yang kosong agar dimanfaatkan dengan menanam cabai yang merupakan kebutuhan yang kadang dilihat sebelah mata.

Kapolres Palopo, AKBP Dudung Adijono yang turut hadir di kesempatan itu menyampaikan terimakasih atas bantuan dan kerjasama Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, dalam hal ini Dispertanak.

“Program penanaman jagung hibrida pada lahan khusus ini merupakan bantuan untuk kesejahteraan petani, diharapkan dapat merangsang produksi jagung dan dapat menopang Ketahanan pangan di kota palopo. Mudah-mudahan petani di Kota Palopo bisa sejahtera,” harap Dudung.

Untuk diketahui Panen perdana jagung hibrida pada lahan khusus ini merupakan kerjasama Dinas Pertanian dan Peternakan (Pertanak) dengan Polres Palopo.(rhm/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top