PSU Rampung, Rumah Nelayan Segera Difungsikan – FAJAR sulsel
News

PSU Rampung, Rumah Nelayan Segera Difungsikan

-Berikutnya Dibangun 135 Unit

PALOPO — Perumahan nelayan yang telah dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) RI yang berada di wilayah Kelurahan Temalebba, Kecamatan Bara hingga saat ini belum juga diserahkan kepada nelayan. Ini menunggu rampungnya pemasangan listrik di perumahan tersebut.

Pasalnya, saat ini sejumlah fasilitas Prasarana Umum (PSU) seperti jalan, drainase, dan PDAM sudah selesai dikerjakan. Tinggal menunggu listriknya.

Dinas Pekerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Kota Palopo sebagai leading sektor tengah membenahi perumahan nelayan tersebut. Tahun 2017 ini, perumahan nelayan ini ditarget akan difungsikan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas PU dan Tata Ruang Kota Palopo, Antonius Dengen. Ia menyebutkan, mengenai perumahan nelayan itu, pihaknya telah berkoordinasi dengan Pusat dan Provinsi.

Antonius menjelaskan, sebelum pembenahan PSU rampung, belum bisa diserahkan kepada nelayan. Pasalnya, setelah semuanya rampung, pihak Kemenpera yang akan menyerahkan kepada pihak Pemkot Palopo setelah itu pihak Pemkot yang akan menyerahkan kepada para nelayan yang berhak menerimanya.

”Semoga pembenahan PSU prosesnya lancar,” kata mantan Kepala PSDA Luwu ini.
Bantuan rumah tersebut sangat membantu bagi nelayan berpenghasilan rendah. Karena dengan bantuan rumah tersebut, nelayan bisa menempati rumah layak huni type 36. Nelayan yang akan mendapatkan bantuan rumah ini, yakni syaratnya memiliki kartu nelayan, tidak memiliki rumah, pendapatan selama sebulan dibawah Upah Minimum Provinsi (UMP) Rp1,8 Juta.

Sementara itu, Kepala Dinas Perumahan Kota Palopo, Ir Nasrul menyebutkan, 50 unit perumahan nelayan itu sudah berdiri sejak bulan Februari 2015 lalu. Type yang dibuat pemerintah yakni 36 dengan luas kamar 2×1/2 meter sebanyak dua ruang, disertai dengan ruang tamu plus keluarga. Model rumah ini terpisah satu sama lain, tidak melekat seperti perumahan pada umumnya. Lokasinya tidak terlalu jauh dari jalan protokol.

Di tahun 2017 ini, sebut Nasrul kembali akan dibangun 135 unit rumah nelayan yang lokasinya berada di wilayah Purangi Kelurahan Songka. Saat ini, sebutnya tengah dilakukan pengukurann lahan.

”Untuk tahap pertama akan dibangun 50 unit rumah. Dan setelah itu dilakukan secara bertahap,” jelasnya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top