640 Ton Kelapa Sawit Dikirim ke Sulteng – FAJAR sulsel
News

640 Ton Kelapa Sawit Dikirim ke Sulteng

MASAMBA — Kapasitas pabrik kelapa sawit PTPN XIV yang berlokasi di Kecamatan Burau, Luwu Timur sudah tidak mampu menampung buah kelapa sawit. Jalan satu-satunya, petani sawit terpaksa menjual sawitnya ke Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) dan Sulawesi Barat (Sulbar).

Tidak kurang dari 640 ton atau sekitar 80 truk buah sawit dari Luwu Utara dikirim ke provinsi tentangga itu. Petani memilih menjual buah sawit mereka di daerah lain disebabkan selain harganya yang cukup bagus, juga disana banyaknya pabrik CPO siap menerima buah sawit masyarakat.

Seorang Ketua Kelompok Tani dari Kecamatan Sabbang, Yusuf Paemboanan mengatakan Harga Tandan Buah Segar (TBS) di Sulawesi Tengah cukup bagus dibanding di PTPN Buaru dimana harganya mencapai Rp 1,315 per kilogram, sedangkan di Luwu Timur hanya Rp1,100 itupun antrian pajang empat hingga lima hari baru bisa masuk pabrik.

Terpisah, Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Ir H Abd Mahfud MM dalam surat nomor 525/637/Hutbun/2016 terkait investor Kelapa Sawit bahwa Luwu Utara membutuhkan empat pabrik Kelapa Sawit (CPO). “Masing-masing tiga unit pabrik CPO berkapasitas 30 ton per jam dan satu unit pabrik berkapasitas 15 ton. Menurut Mahfud luas areal kebun kelapa sawit di Luwu Utara tahun 2015 mencapai 17.194,45 hektar dengan melibatkan 9,275 kepala keluarga,” katanya Rabu 8 Pebruari kemarin.

Kondisi saat ini, lanjut Mahfud, hanya ada satu pabrik CPO yang dapat diharapkan untuk beroperasi tahun 2017 ini yakni PT Jas Mulia sementara investor yang lain belum jelas kapan mereka melakukan pembangunan padahal mereka sudah memiliki izin.

Bahkan lanjut Mahfud, masyarakat kembali bergairah untuk menanam sawit setelah mendengar PT Jas Mulai akan beroperasi pada tahun ini. Dalam surat itu, mantan kadis kehutanan dan perkebuanan Luwu Utara ini meminta investor yang tidak melakukan aktifitas supaya dilakukan evaluasi kemudian ditindak lanjuti statusnya, kemudian memberikan izin ke investor lain yang berminat membangun pabrik CPO di Kab Luwu Utara.

Jika melihat data dari Ketua Asosiasi Petani Kelapa Sawit kab Lutra (Apkasindo), jumlah pabrik CPO di Luwu Utara yang mestinya dibangun adalah 5 hingga 6 Pabrik CPO. Dimana Menurut Rafiuddin data Luas kebun Kelapa Sawit di Luwu Utara mencapai 21,375,34 hektar, dengan produksi rata-rata 211,210.89 ton per tahun.

Kecamatan Sukamaju memiliki kebun sawit terluas yakni mencapai 4,709 Hektar, kemudian Kecamatan Tanalili 3,691 hektar, Baebunta 2,860 hektar, Bonebone 2,843 hektar, Mappedeceng 2,138 hektar. Adapun Kecamatan Malangke 1,899 hektar, Masamba 1,250 hektar, Malangke Barat 953 hektar, Sabbang 183 hektar, dan Limbong 10 hektar. (mah/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top