BAP Empat PNS Narkoba Hampir Rampung – FAJAR sulsel
News

BAP Empat PNS Narkoba Hampir Rampung

PALOPO — Berkas Berita Acara Pemeriksaan (BAP) empat Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang tertangkap anggota Satnarkoba Polres Palopo sudah hampir selesai.

Selain berkas, barang bukti sabu disertakan karena kelak akan dihadirkan dipersidangan. “Benar, berkas empat orang PNS sabu hampir rampung dan akan dilimpahkan ke Kejari Palopo,” terang Kasatres Narkoba Polres Palopo, AKP Maulud, Rabu 8 Pebruari kemarin.

Menurutnya, para tersangka akan dijerat sebagaimana Undang Undang no 35 tahun 2009 tentang pemberantasan narkoba, dengan Pasal 127 dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara. “Semoga nantinya jaksa dan juga hakim memberikan putusan yang maksimal agar peredaran narkoba di Kota Palopo bisa ditekan. Ini harapan kita smeua agar tersangka bisa dihukum setimpal dan bisa membuat efek jera bagi pelaku lainnya,” katanya.

Seperti diberitakan sebelumnya, dari empat tersangka tiga diantaranya adalah PNS Pemkot Palopo, satunya PNS dari Luwu Timur. Mereka diduga kuat telah pesta sabu, Jumat 13 Januari 2017 lalu. Para tersangka adalah Abdurrachman, 40 tahun, warga Jl Sungai Pareman, Kelurahan Sabbamparu, Kecamatan Wara Utara. Abdurachman merupakan PNS di Kantor Kelurahan Pajalesang Kota Palopo.

Hendra Wijaya, 35 tahun warga Jl Pattimura, Kelurahan Batupasi, Kecamatan Wara Utara, PNS ini menjabat sebagai Sekertaris Lurah di Kantor Lurah Sabbamparu. Satu PNS lagi bekerja di kantor BKD Kabupaten Luwu Timur adalah Raya Tahir Ganini, tinggal di Jl Samiun, Kelurahan Ammasangan, Kecamatan Wara, Kota Palopo. Raya merupakan residivis dengan kasus yang sama. Dulu dia dihukum 1 tahun penjara karena terbukti sebagai pengguna.

Selain tiga PNS ini, anggota Satres Narkoba Polres Palopo juga menciduk Syamsuddn Herman. Laki-laki berusia 31 tahun itu tinggal di Jl Pajalesang, Kelurahan Pajalesang, Kecamatan Wara. Syamsuddin saat akan ditangkap mencoba melarikan diri. Akibatnya terjadi kontak fisik dengan petugas.

Awal penangakapan Polisi membidik Abdurachman bersama Syamsuddin di Jl HPA Tendriadjeng. Tepatnya di area Pelabuhan Tanjung Ringgit Palopo. Motor yang dikendarai Syamsuddin dicegat, namun Syamsuddin berusaha kabur. Petugas langsung melompati pelaku.Syamsuddin akhirnya pasrah diborgol petugas.

Pelaku mengaku memperoleh sabu-sabu dari PNS bernama Raya.
Sekitar pukul 15:00 Wita, dilakukan pengembangan ke Jl Sungai Pareman II lorong I, Kelurahan Sabbamparu, Kecamatan Wara Utara. Alamat itu merupakan tempat tinggal Abdurachman.
Di rumah Abdurachman, PNS bernama Raya dan Hendra Wijaya berhasil ditemukan.

Mereka ternyata asik menikmati narkotika jenis shabu. Keduanya menikmati sabu-sabu di dalam kamar. Di dalam kamar itu, polisi juga mendapati RA, 31 tahun, yang juga oknum PNS di Kantor Kelurahan Sabbamparu. RA diketahui berada bersama para pelaku, namun belum sempat menikmati sabu-sabu.

Selain mengamankan keempat PNS, polisi juga menyita barang bukti 1 sachet kecil berisi cristal bening, 3 sachet kosong bekas pakai, 1 buah bong alat isap lengkap dengan pipet warna putih serta pireks berisi sabu, 1 buah sendok sabu terbuat dari pipet, 2 buah sumbu pembakar sabu, 1 buah hp merk Nokia warna putih. Dan 1 buah korek api gas. (ara/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top