KIBAR Desak BPMD Evaluasi Bumdes – FAJAR sulsel
News

KIBAR Desak BPMD Evaluasi Bumdes

Diduga Peruntukan tak Sesuai

KOLAKA, UPEKS.co.id — Ketua LSM Koalisi Bersama Rakyat (KIBAR), Nasrun Massie minta Kadis Pemberdayaan Masyarakat dan Pemdes agar realisasi pemanfaatan dana Badan Usaha Milik Desa(Bumdes) dilakukan evaluasi.

Evaluasi dinilai penting, karena hasil temuan lapangan, KIBAR temukan sejumah desa tidak menyalurkan dana Bumdes sebagaimana mestinya. Dalam artian digunakan bukan untuk pemanfaatannya, kata Nasrun.

Dicontohkannya, salah satu desa di Kecamatan Wolo, dana Bumdesnya tidak tersalur pada masyarakat, tetapi justru dana Bumdes itu diparkir di rekening Kepala Desa.

Desa lainnya di Kecamatan Pomalaa, juga tidak menyalurkan dana Bumdesnya. Selanjutnya digunakan PKK desa tersebut.

Haerul, Ketua Bumdes Desa Hakatotobu kepada tim KIBAR mengakui, sejak terpilih sebagai Ketua Bumdes 2016 hingga kini pengurus lama Bumdes secara asministrasi belum diserahterimakan. Dengan demikian, menyangkut realisasi dana Bumdes tidak diketahui pengurus baru.

Menurut Nasrun, dana Bumdes dari Kementrian Desa RI Rp70 juta per desa dan langsung ditransver ke rekening desa masing masing bersamaan Dana Alokasi Dana Desa(ADD) per bulan.

Kejari Kolaka perlu menyelidiki dugaan penyimpangangan dana Bumdes. Kalkulasi sementara, dana Bumdes yang disalurkan setiap tahun ke Kolaka Rp7 M.

Kadis BPMD Kolaka, H Muh Akbar usai rapat Musrembang menjelaskan, penggunaan dana Bumdes di desa, memang belum dievaluasi. Inspektorat perlu ausdt setiap pengurus Bumdes di desa.

Akbar klarifikasi, dana Bumdes dari pusat tak rata Rp70 juta setiap desa, tetapi bervariasi. Ada peroleh Rp 20 juta setiap desa. (pil/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top