Lagaligo Prioritaskan Rehab Kantor – FAJAR sulsel
News

Lagaligo Prioritaskan Rehab Kantor

PALOPO — Masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan. Artinya, peran pemerintah lebih berperan sebagai fasilitator dan katalisator dari dinamika pembangunan. Sehingga dari mulai perencanaan hingga pelaksanaan, masyarakat mempunyai hak untuk terlibat dan memberikan masukan dan mengambil keputusan. Hal ini dalam rangka memenuhi hak-hak dasarnya, salah satunya melalui proses Musrenbang.

Lurah Lagaligo, Pina Tukaran SE, mengatakan dalam perencanaan usulan-usulan dari masyarakat ada 20 yang telah disepakati dalam Musrenbang. Dimana 10 yang menjadi prioritas dan 10 menjadi cadangan, terangnya kepada Palopo Pos, Rabu 8 Februari 2017.

“Meski banyak sekali aspirasi dari masyarakat yang diusulkan kami menjadikannya yang paling prioritas. Karena tidak mungkin semuanya akan terakomodir namun akan tetap disimpan untuk dimasa yang akan datang tetap dijadikan usulan. Menyadari dalam Perencanaan Pembangunan tidak luput dari kekurangan-kekurangan yang berasal dari internal dan eksternal,” tuturnya.

Adapun skala prioritas tersebut berupa fisik seperti yang paling utama diharapkan pihak Kelurahan Lagaligo. Agar usulan Rehab kantor bisa terealisasi nanti. Kemudian program fisik lain seperti drainase, plat dekker, pagar kantor, penerangan jalan, rabat bentondan daya listrik yang harus dinaikkan dari 900 volt menjadi 1300 volt.

Kemudian juga ada non fisik seperti bantuan modal usaha penjahit pakaian dan juga tata rias dan juga diharpakan adanya penyuluh penyakit menular dan tidak menular.

Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah kelurahan, kecamatan, pemerintah kota/kabupaten bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan. Penyelenggaraan musrenbang merupakan salah satu tugas pemerintah untuk menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi. Musrenbang Kelurahan merupakan proses musyawarah masyarakat tentang pembangunan dilingkungan Kelurahan yang di laksanakan guna untuk mendapatkan suatu kesepakatan diantara masyarakat di setiap daerah yang akan diadakan pembangunan.

Forum ini melibatkan masyarakat untuk menyampaikan aspirasi meraka, dalam proses pembangunan yang akan di laksanakan tentang bagaiman yang seharusnya di lakukan pemerintah serta sebaliknya yang harus di lakukan masyarakat dalam pembangunan yang akan di laksanakan. Oleh karenanya Kelurahan Lagaligo Kecamatan Wara melaksanakan Musrenbang Kelurahan.

Kegiatan musrenbang tingkat Kelurahan Lagaligo yang dilaksanakan pada tanggal 20 Januari 2017 lalu. Diikuti oleh SKPD terkait seperti pihak Bappeda dan Dinas PU. Ada juga dari pihak Tata Pemerintahan, bagianPemberdayaan Masyarakat Kelurahan, Dinas Kesehatan. Kemudian RT/RW, LPMK, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan Wanita.(rp1/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top