Panitia Pemilihan RT/RW Kapasa Raya Bahas Tata Tertib – FAJAR sulsel
News

Panitia Pemilihan RT/RW Kapasa Raya Bahas Tata Tertib

MAKASSAR,UPEKS.co.id-Pemerintah Kelurahan Kapasa Raya Kecamatan Tamalanrea menetapkan Tata Tertib Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) dan Rukun Tetangga (RT) serentak se Kota Makassar, di Kantor Lurah Kapasa Raya, Kamis (9/1/2017). Seperti diketahui pemilihan serentak pemilihan 5.969 kursi ketua RW dan RT dilakukan, Minggu (26/2/2017).

Sekretatis Lurah Kapasa Raya H Abdul Rahman saat membacakan tata tertib, menyebutkan, tata tertib yang dibacakan tidak jauh beda dengan Peraturan Walikota (Perwali) Nomor 1 Tahun 2017 tentang Perubahan Atas Perwali 72 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Permilihan Ketua RT dan RW.

Pada bagian lain disebutkan, calon bersedia mendukung dan membantu terlaksananya program atau kebijakan pemerintah dengan menjunjung tinggi kepentingan negara/bangsa, umumj/masyarakat di atas kepentingan pribadi dan golongan.
“Bersedia memenuhi, melaksnakan dan mentaati 9 indikator penilaian kinerja ketua RT dan Ketua RW,” bebernya.

Selain itu, bersedia bekerjasama dan berkoordinasi dengan semua pihak. Mereka dituntut menjadi panutan, berkelakuan baik, jujur, adil, bertanggungjawab, berwibawa dan bersikap netral dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Dari informasi yang beredar ada empat poin dalam Perwali Nomor 72 Tahun 2016 yang mengalami perubahan yang tercantum dalam Bab V pasal 15 dan pasal 16 terkait Persyaratan Calon Ketua RT dan Calon Ketua RW.

Pasal 15 dan pasal 16 (b) yang sebelumnya menetapkan syarat calon minimal berusia paling rendah 30 tahun direvisi menjadi minimal usia 18 tahun sesuai Peraturan Daerah (Perda) Nomor 41 Tahun 2011 Kota Makassar.

Kemudian pasal 15 dan pasal 16 (j) berpendidikan paling rendah tamatan SMP atau sederajat disertai bukti foto copy ijazah dan dapat memperlihatkan ijazah asli, atau surat keterangan kelulusan di sekolah atau instansi berwenang.

Direvisi menjadi, memiliki ijazah sekurang-kurangnya ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP) atau sederajat, dikecualikan untuk calon yang pernah menjabat Ketua RT setempat dalam kurun 2 (dua) periode terakhir dan berumur diatas 40 (empat puluh) tahun.

Pasal 15 dan pasal 16 (o) mendapat rekomendasi secara tertulis dari Lurah setempat. Diubah mendapat dukungan dari masyarakat setempat sekurang-kurangnya 10 persen (sepuluh per seratus) dari jumlah keluarga dilingkungan RT atau RW setempat dibuktikan dengan surat pernyataan dukungan dan foto copy kartu keluarga.

Kepala Kelurahan Kapasa Raya Abu Bakar SE, menjelaskan, tertib yang diputuskan disepakati saat ini bagian dari upaya agar proses pemilihan Ketua RW/RT berjalan sukses dan lancar sesuai diharapkan.(jar)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top