Perkara Tilang Tidak Perlu Ikut Sidang – FAJAR sulsel
News

Perkara Tilang Tidak Perlu Ikut Sidang

MALILI–Angin segar bagi terdakwa perkara tilang. Pasalnya yang biasanya diwajibkan ikut sidang, tapi hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

Itu merujuk pada Peraturan Mahkamah Agung (MA) tahun 2016, jadi terdakwa hanya cukup melihat jumlah denda yang di pasang pada papan pengumuman Pengadilan Negeri (PN) khususnya di PN Malili Kabupaten Luwu Timur (Lutim).

Ketika terkendala waktu dan jarak atau kesibukan lainnya sehingga tidak dapat ke kantor PN Malili, terdakwa boleh mengakset Webside PN di http://sipp.pn-malili.go.id.

Selain itu, ketika pelanggar merasa tidak bersalah dapat mengikuti proses sidang pada pukul 08.00 Wita pagi untuk membuktikan salah atau tidaknya atas perbuatan yang telah di lakukan. Untuk pembayaran denda datang saja ke Kantor Kejaksaan Lutim, ini juga sudah dapat di akses pada webside pada pukul 09.00 Wita pagi.

“Tidak perlu lagi pelanggar mengikuti sidang tilangnya cukup mengakses webside kami tentang perkembangannya,” kata Ketua PN Malili Khaerul SH MH, Rabu 8 Februari 2017.

PM Malili sudah berbasis teknologi kata khaerul, dimana jadwal persidangan dapat di akses di website, begitu pun hasil putusan dapat di ketahui secara terbuka.

“Hanya saja terkadang terjadinya kendala, dikarenakan keseringan terjadi pemadaman listrik serta keterlambatan tahanan di karenakan jarak tempuh,” bebernya.

Proses persidangan di upayakan tidak melebihi 60 hari kerja sudah dapat di putus untuk perkara pidana sementara kasus perdata tidak melebihi 5 bulan di putus.(mg10/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top