227 Juta dari Pertamina Untuk Penelitian  Mahasiswa FTI UMI – FAJAR sulsel
News

227 Juta dari Pertamina Untuk Penelitian  Mahasiswa FTI UMI

“Buah Buni Sebagai Sumber Listrik”

MAKASSAR, RADAR SELATAN. CO. ID — Pertamina mendanai riset dan penelitian pembangkit tenaga listrik berbahan dasar buah buni, senilai Rp 227 Juta. Pengembangan buah yang dalam istilah ilmiyahnya disebut Antidesma Bunius sementara dikembangkan sebagai energi terbarukan oleh Innovation of Engineering Research & Technology (INERT).

INERT merupakan tim peneliti mahasiswa Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia (FTI-UMI). Dari hasil penelitian tersebut akan dimanfaatkan untuk kepentiingan sosial pemberdayaan masyarakat sehingga dapat dipergunakan di wilayah yang belum memiliki akses fasilitas listrik.

“Ini sangat menarik sekali karena yang menjadi fokus pengembangannya ada energi terbarukan. Lebih dari itu, hasil dari penelitian ini dapat memberi dampak positif terhadap sosial dan ekonomi bangsa Indonesia.,” kata General Manager Pertamina MOR VII Sulawesi, Tengku Badarsyah, Jumat 10 Februari 2017 saat menerima tim peneliti FTI-UMI di kantornya.

Penelitian berbahan dasar buah yang tumbuh subur di Sulawesi-selatan akan dimulai pada senin 13 Februari pekan mendatang. “Jika tidak ada hambatan, Insya Allah kami akan merampungkan penelitian hingga enam bulan mendatang,” ungkap ketua tim INERT, Andi Rina Ayu Astuti.RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top