Bendungan Pammukkulu Butuh Rp2,2 Triliun – FAJAR sulsel
News

Bendungan Pammukkulu Butuh Rp2,2 Triliun

Infrastruktur Tiga Tahap

TAKALAR,UPEKS.co.id — Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo canangkan mulainya pembangunan Bendungan Pammukulu di Desa Kalekomara, Polut Takalar, baru-baru ini.

Pembanguan Infrastruktur akan berlangsuyng tiga tahap. Januari 2016 penetapan lokasi, Me-Juli pelaksnaan Pengadaan Tanah dan Desember 2016, penilaian tanah oleh Appraisal. Desember 2016 pembayaran tanah.

Tahap dua, februari pembayaran tanah untuk Tapak bendungan,quarry,area,Disposal dan area Resettlement luas lahan 640 Ha senilai Rp 270.833.596.000 selama tiga tahun.

Itu dikemukakan Kepala BBWSP Jeneberang, Ir Agus wirawan kepada wartawan, baru-baru ini.

Estimasi biaya anggaran pembangunan bendungan Pammukkulu Rp950.000.000.000 dialokasikan melalui pembiayaan, APBN dengan tahun jamak (multi-yers).

Ketika Bendungan Pammukkulu.selesai.dibangun manfaatnya sangat besar khsususnya dibidang pertanian diantaranya mampu mengairi sawah untuk irigasi D.I Pammukkulu,D.I Dinggau dan.D.I Jenemarung dengan total luas 6.430’Ha dengan intensitas 250 persen.selain.itu bisa digunakan penyediaan.air baku 133 liter perdetik,Pembangkit listrik Tenaga Air 2,5 MW.serta pariwisata dan perikanan”

keberadaan.Bendungan tersebut bisa menaikkan cadangan air dan peningkatan intensitas tanam 150 persen menjadi 250 persen,”jelasnya.

lanjut dikatakan.Agus secara data Tehnisnya bangunan bendungan pammukkulu dibagi dalam tiga tahapan diantaranya waduk luas DAS(Daerah Aliran sungai) sekitar 90 Km persegi,tinggi Bendungan sekitar 62.00 m dan Banguan pelimpahannya.150 Meter.”ujar.Agus Wirawan kepada Upeks,Rabu,)8/2/2017)

Seseuai dengan perencanaan pekerjaan Bendungan pammukkulu ada tiga sungai.yang dibendung diantaranya Sungai Pammukkulu,Sungai Dinggau dan sungai jenemarung Tahun 2019 bendungan ini selesai dibangun,”

Sekda Takalar Ir Nirwan Nasrullah, Keberadaan bendungan pammukku sangat sentralistik untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat petani,dan Takalar akan menjadi pemasok Beras khususnya dibidang pertanian.

tidak hanya itu terpenring.adalah peningkatan ekonomi masyarakat lewat pertanian,selama ini jadi keluhan persoalan air, akan teratasi dengan adanya bendungan pammukkulu,”kita.berharap proses pekerjaannya sesuai dengan perencanaan dari pihak Balai Besar Waduk dan.Sungai Pompengan Jeneberang,”jelas antan Kepala.Bappeda(Jah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top