Kemenag: Kepastian Aliran Sesat Kewenangan MUI – FAJAR sulsel
News

Kemenag: Kepastian Aliran Sesat Kewenangan MUI

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sulsel, H Abd Wahid Thahir mengaku, pihaknya tidak bisa memastikan suatu aliran sesat yang saat ini ada di Sulsel.

“Untuk memastikan apakah itu aliran sesat atau bukan, semua merupakan kewenangan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI),” kata Abd Wahid, saat melakukan klarifikasi pernyataan salah satu bawahannya, Kamis (9/2/17).

Seperti halnya pernyataan bawahannya beberapa waktu lalu. Abd Wahid menyebut, statemen bawahannya menyatakan Al-Kalam aliran sesat, itu tidak benar. Karena untuk menyampaikan tentang paham itu, semua kewenangan Fatwa MUI.

“Untuk menyampaikan tentang paham itu bukan wilayah Kemenag. Namun merupakan kewenangan fatwa MUI,” jelas Wahid, kemarin.

Adanya komentar bawahannya yang tak lain Kepala Bidang di Kemenag, pihaknya mengaku sangat sesalkan ada statemen itu. Apalagi kata Wahid, dia menyebut Al-Kalam dan Khalwatia Syek Yusuf Al-Makassari merupakan pahan aliran sesat.

“Kemarin sudah saya temui, baik dari Al Kalam dan Khalwatia Syek Yusuf Al-Makassari untuk mengklarifikasi pernyataan itu. Pihak Kemenag sudah melakukan pertemuan dengan Al-Kalam dan kami tidak mengatakan bahwa itu aliran sesat,” akunya.

Menurutnya, apa yang disampaikan anggotanya itu tidak benar dan salah alamat. Karena untuk mengetahui dan memastikan suatu paham aliran sesat, hanya wilayah Fatwa Majelis Ulama Indonesia.

“Kita juga berharap, media yang selalu publikasikan, harusnya klarifikasi dulu. Sehingga saat menerbitkan berita, tidak ada lagi yang merasa difitnah. Kalau misalnya daerah ini aman kita semua merasa aman, rukun dan damai. Kemenag juga salah satu seksi soal keagamaan,” jelasnya.

H Dahlan, salah satu putra bapak Al-Kalam menilai, pernyataan yang dilakukan salah satu pejabat di Kemenag Sulsel itu, sangat mencoreng nama Al-Kalam. Dahlan pun berjanji akan turun aksi besar-besar menyikapi pernyataan tersebut.

“Besok (hari ini red), saya beserta teman-teman rencana turun aksi. Kami sangat menyesalkan pernyataan itu yang menganggap Al-Kalam aliran sesat,” tegas Dahlan. (jay/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top