Kemenkop-UMKM Buka Pendaftaran Wirausaha Baru – FAJAR sulsel
News

Kemenkop-UMKM Buka Pendaftaran Wirausaha Baru

* Karno: Diberi Bantuan Rp13 Juta, Langsung Masuk Rekening Pribadi

PALOPO— Kementerian Koperasi dan UMKM (Kemenkop-UMKM) membuka pendaftaran Wirausaha Baru bagi Pemula. Yang memenuhi syarat, akan diberi Rp10 juta hingga Rp13 juta dan langsung masuk rekening pribadi masing-masing penerima bantuan.

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKN Palopo, Karno SSos kepada Palopo Pos di ruang kerjanya, Kamis, 9 Februari 2017 kemarin, ini merupakan program Kemenkop-UMKM RI sebagai pengganti program bantuan sosial yang telah dihapuskan.

Skema yang digunakan saat ini adalah bantuan pemerintah sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Keuangan Nomor : 168/PMK.05/2015 tentang Mekanisme Pelaksanaan Anggaran Bantuan Pemerintah Pada Kementerian/Lembaga.

Bagi yang berminat, mendaftar secara online melalui website pembiayaan.depkop.go.id dengan melampirkan proposal dan profil usaha.

Selanjutnya, proposal yang masuk dinilai oleh Deputy Pembiayaan Kemenkop-UMKM. Yang memenuhi syarat administrasi ditetapkan sebagai calon penerima bantuan.

Mereka ini dilatih untuk mendapatkan sertifikat. Bagi yang sudah memiliki sertifikat yang dikeluarkan Deputy Pembiayaan Kemenkop-UMKM, tidak perlu lagi pelatihan, tinggal dilakukan verifikasi.

Di Palopo, ada 1.000 calon wirausaha baru yang telah dilatih dan mendapatkan sertifikat dari
Deputy Pembiayaan Kemenkop pada tahun 2013 di Balai Rasdiana Centre (BRC) Palopo ketika Menteri Koperasi yang dijabat Syarief Hasan berkunjung ke Palopo.

Dari 1.000 orang itu, sebanyak 114 orang telah mendapat bantuan Kemenkop. Jadi masih ada sekira 900 yang belum mendapat bantuan.

Syarat untuk mendapatkan bantuan ini yakni memiliki usaha produktif, usia maksimal 45 tahun, pendidikan minimal SMA, melampirkan foto kopi KTP, fotokopi NPWP, certifikat pembekalan pelatihan kewirausahaan, surat rekomendasi dari Dinas Koperasi-UKM kab/kota, surat pengantar dari Dinas Koperasi-UKM provinsi, proposal dengan RAB maksimal Rp13 juta, surat permohonan kepada Menteri Koperasi UKM Cq. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop. (ikh)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top