Luwu Expo 2017 Cakka Target Transaksi Rp25 M – FAJAR sulsel
News

Luwu Expo 2017 Cakka Target Transaksi Rp25 M

BELOPA — Pagelaran Luwu Expo yang dilaksanakan selama 22 hari oleh Pemerintah Kabupaten Luwu ditarget selesai pada 13 Februarui 2017, mendatang. Bertepatan dengan hari jadi Belopa. Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, menargetkan transaksi selama pagelaran sebesar Rp25 miliar.

Dirinya optimis target tersebut dapat terpenuhi.
Ditemui Palopo Pos, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, optimis bisa meraih Rp25 miliar perputaran uang di ajang Luwu Expo 2017. Hingga Senin, malam, lalu, jumlah perputaran uang sudah mencapai di atas sepuluh miliar.

Menurut Cakka — sapaan Andi Muzakkar, animo masyarakat Luwu untuk membelanjakan uangnya selama Luwu Expo cukup tinggi. “Di stan UMKM/PKL saja saat ini, nilai transaksi sudah mencapai Rp11 miliar. Itu baru stand UMKM/PKL. Belum stand besar lainnya,” kata Cakka, Kamis 9 Februari 2017.

Dia menyebutkan, pihaknya memang serius untuk terus mendorong perputaran roda ekonomi UMKM dan PKL termasuk sektor ekonomi lain di Luwu.

Sebagaimana data yang dirilis Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Rabu lalu mencatat peredaran uang selama 14 hari pameran pembangunan di lokasi Luwu Expo mencapai Rp15 miliar lebih.

Kepala Kantor DPMPTSP, Luther Bija, menyampaikan, nilai ini diperoleh dari hasil akumulasi pendataan transaksi jual beli pada 80 stand di Luwu Expo serta beberapa stand penjualan kuliner di Lapangan Andi Djemma, tempat Luwu Expo berlangsung.

“Stand milik Pemkab yang paling banyak transaksinya adalah stand milik Kecamatan Bajo Barat, Bajo, dan Belopa Utara. Sehari transaski mereka mencapai jutaan rupiah. Karena memang banyak masyarakat kita yang berjualan misalnya kue khas daerah,” ujar Luther Bija.

Sementara itu, salah seorang penjaga stand dari Kecamatan Bajo Barat, Sumarling, mengatakan transaksi di stand tersebut minimal Rp1 juta per hari. Bahkan, pernah menyentuh angka Rp2,5 juta.

“Paling banyak pada hari kedua mencapai Rp4 juta, rata-rata per hari selama dua minggu Luwu Expo di atas Rp1 juta,” ujarnya.

Barang pameran yang paling laris dibeli pengunjung di Stand Kecamatan Bajo Barat yakni beras merah dan bawang. Sementara itu, besaran tranaksi di stan Kecamatan Bajo juga mencapai jutaan rupiah per hari. “Yang paling banyak dibeli beras merah, bawang, dan dodol,” ujarnya.(fan/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top