Penjualan Tiket Travel Agent Melorot – FAJAR sulsel
News

Penjualan Tiket Travel Agent Melorot

SKPD Membeli Tiket Langsung ke Air Lines

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pengurus ASITA Sulsel meminta kepada SKPD kiranya membeli tiket di Travel Agen. Hal ini dilakukan demi menghidupkan pelaku usaha yang bergerak di bidang travel yang masih menggunakan cara konvensional.

Para pelaku bisnis di travel agen mengaku galau dengan tupoksi mereka yang selama ini menjual tiket perjalanan domestik dan internasional. Pasalnya saat ini sudah banyak SKPD yang tidak lagi membeli tiket dan lainnya pada agen travel tapi sudah langsung ke pihak air lines. Kondisi ini jelas berimbas kepada pelaku agen travel

Ketua ASITA Sulsel, Didi Leonardo A Manaba, kepada Upeks, mengatakan, para pelaku bisnis agen travel menjadi lesu dalam penjualan tiket. Padahal tupoksi dari Asita sudah diatur dalam UU dimana mereka sebagai usaha untuk penjualan tiket dan wisata.

“Kami para pelaku bisnis agen travel yang tergabung dalam Asita galau dengan beberapa kebijakan pemerintah dimana SKPD tidak lagi membeli komponen-komponen di agen tapi langsung ke airlines, ini sangat berdampak pada usaha kami,” kata Didi, Kamis (9/2/17).

Untuk itu, diameminta pihak pemerintah mengembalikan tupoksi dari Agen terutama yang ada dalam Asita. Sedang terkait dengan kebijakan penggunaan uang rupiah dalam transaksi, pihaknya sudah melakukan sosialisasi kepada semuan agen dan hotel untuk menggunakan rupiah. Bahkan semua brosur dan iklan lainnya semua daftar harga yang sebelumnya menggunakan uang asing sudah diganti dalam rupiah. Sebagaimana dalam UU pasal 33 ayat 1-2,

“Setiap orang yang tidak menggunakan rupiah di wilayah NKRI dan menolak rupiah untuk pembayaran di wilayah NKRI di hukum dengan pidana kurungan paling lama 1 tahun dan denda paling banyak 2 juta rupiah, ” katanya. (edo/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top