Songsong Ujian Nasional, Kanwil Kemenang Kumpulkan Guru PAIS se Sulsel – FAJAR sulsel
News

Songsong Ujian Nasional, Kanwil Kemenang Kumpulkan Guru PAIS se Sulsel

MAKASSAR,UPEKS.co.id–Menyongsong pelaksanaan Ujian Nasional tahun pelajaran 2017, Bidang Pendidikan Agama Islam Kanwil Kemenag Sulsel dibawah kendali H. Ali Yafid, mengumpulkan Para Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam Kab/Kota Se Sulsel dan Para Guru PAIS penyusun Soal Ujian Nasional Berstandar Nasional (USBN) di Hotel Sutomo Makassar selama tiga hari, sejak tanggal 9 hingga 11 Februari 2017.
Sebanyak 120 peserta tersebut akan mengikuti kegiatan penyusunan soal USBN PAI tingkat SD/SDLB, SMP/SMPLB, SMA/SMK, hal ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan asumsi dalam penyusunan soal Ujian Nasional tahun ini khususnya Ujian Sekolah berstandar Nasional (USBN).
Kepala Kanwil Kemenag Sulsel H Abdul Wahid Thahir, menyebutkan, ujian nasional oleh pemerintah tetap diadakan dan dilaksanakan karena UN menjadi satu-satunya instrument yang bisa dijadikan tolak ukur dari proses belajar mengajar yang selama ini dilaksanakan.”Terlebih menjadi evaluasi dari peran dan kinerja tenaga pendidik yang telah dilakukan selama ini,” kata kakanwil dalam sambutannya seperti disampaikan Pelaksana Subbag Informasi dan Humas Kanwil Kemenag Sulsel Mawardy Siradj, Jumat (10/2/2017).
Menurutnya, kakanwil meminta penetapan soal-soal ujian nasional untuk tingkat sekolah bisa terdapat kesamaan pemahaman terhadap tingkatan soal ujian untuk anak didik di setiap jenjang pendidikan. “Terlebih bagi mata kuliah pendidikan Agama Islam,” tambahnya.
Kepada para guru khususnya guru penyusun soal ujian Nasional agar bertindak dan bekerja profesional, jangan lagi terulang kejadian kejadian di masa lalu dimana guru yang membuat soal, guru juga yang mengawasi ujiannya. Bahkan, guru itu juga yang membantu anak didiknya menjawab dan memeriksa hasil ujiannya. “Bila hal ini masih terjadi, akan membawa preseden buruk bagi profesi Guru, dan hal ini juga secara tidak langsung melakukan pembodohan kepada anak didik kita,” tegas Kakanwil.
Kakanwil berpesan susunlah soal secara profesional sesuai dengan tingkat kebutuhan dan kemampuan siswa dan anak didik kita, jangan terlalu dipermudah tapi jangan juga terlalu dipersulit, susunlah soal sesuai dengan pengkategorisasiannya. (jar)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top