Bapenda akan Terapkan Pajak Online – FAJAR sulsel
News

Bapenda akan Terapkan Pajak Online

-Hasil Konsultasi di Dispenda Makassar

MAKASSAR — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Palopo akan menerapkan pembayaran pajak dengan sistem online. Hal ini bertujuan untuk menghindari pungli dan kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Rencana penerapan pembayaran pajak online ini merupakan hasil konsultasi Kepala Bapenda Kota Palopo, Abd Waris didampingi Kabag Humas Pemkot Palopo, Maksum Runi bersama Sekretaris Dispenda Kota Makassar, Sumiknyo HS di Kantor Dispenda Kota Makassar, Jumat 10 Februari 2017.

Sekretaris Dispenda Kota Makassar, Sumiknyo HS menjelaskan sebagai gambaran bahwa tahun 2016 Pemkot Makassar melalui Dispenda berhasil memasukkan APBD sebesar Rp870 Miliar.
”Dan tahun 2017 kami ditarget pemasukan sebesar Rp1,2 Triliun,” kata Sumiknyo kemarin.

Ia menjelaskan, Pemerintah Kota Makassar telah membentuk inteligen tax police yang bertujuan untuk memantau ketaatan wajib pajak dan konsumen dalam pembayaran pajak. iTP tersebut, sebutnya berfungsi untuk mengetahui jumlah setoran pajak dan pemasukan pajak di kas daerah.

Lebih lanjut disampaikan, Pemkot Makassar telah memberlakukan pembayaran pajak secara sistim online melalui apkikasi E-Tax kecuali Pajak Bumi Bangunan (PBB) dan Pajak BPHTB
.Sementara itu, Abd Waris mengatakan, Pemkot Palopo akan melakukan juga sistem pembayaran pajak secara online. Dengan tujuan menghindari pungli dan kebocoran PAD.

”Kita akan kerjasama dengan pihak perbankan dalam hal ini Bank Pembangunan Daerah,” jelasnya.

Dalam pertemuan tersebut terungkap juga inovasi Dispenda Kota Makassar dengan membentuk Laskar Pajak yang direkrut dari elemen OKP dan Ormas di Kota Makassar yang bertugas selama 24 Jam dengan sistem shift yang mencatat mendeteksi dan memantau jumlah tamu dan kunjungan serta kesesuaian dengan laporan pajak pelaku usaha.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top