Bur-Nojeng 61%, SK-HD 29% – FAJAR sulsel
News

Bur-Nojeng 61%, SK-HD 29%

Survei CRC

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Lembaga Survei Celebes Research Center (CRC) merilis hasil survei Pilkada Takalar yang akan dihelat pada 15 Februari mendatang. Berdasarkan hasil survei awal 4-7 Februari, elektabilitas petahan yakni pasangan Burhanuddin Baharuddin-Natsir Ibrahim (Bur-Nojeng) jauh mengungguli rivalnya, yakni pasangan Syamsari Kitta-Achmad Dg Serre (SK-HD).

Direktur Riset Celebes Research Center (CRC) Andi Wahyuddin mengatakan, sesuai data yang dirilis, elektabilitas petahana mencapai 61,3 persen dan pasangan SK-HD cuma 29,8 persen. Adapun, responden yang tidak memberikan jawaban sekitar 8,9 persen.

“Jika Pilkada Takalar digelar hari ini, maka pasangan Bur-Nojeng akan terpilih mutlak,” ungkapnya saat menggelar Konferensi Pers terkait dengan hasil survei yang dilakukannya terhadap pasangan Bur-Nojeng, di Kantor CRC, Jalan Adyaksa 4, Makassar, Jumat (10/2/17).

Sementara itu, Owner CRC Herman Heiser mengungkapkan, bahwa kedisukan dan kualitas calon juga menunjukkan Bur-Nojeng unggul di atas SK-HD. Burhanuddin Baharuddin sangat total disukai hingga angka 91 persen, jauh dari Syamsari 78,6 persen. Di level Wakil, tingkat kedisukan Nojeng masih lebih baik pada angka 85 persen, di atas HD sebesar 75,6 persen.

“Sesuai hasil survey CRC ditengah masyarakat Takalar, elektabilitas petahana Bur-Nojeng masih unggul dari rivalnya dan itu menjadikan pasangan ini berpeluang besar memenangkan pertarungan Pilkada Takalar,” ungkap Ketua Hipmi Sulsel ini.
Berdalih data di atas, CRC menyimpulkan peluang Bur-Nojenng menang hampir tidak terbendung “sangat besar”. Berbasis data di atas, CRC menduga Bur-Nojeng yang akan dilantik sebagai kepala daerah Takalar periodeberikutnya.

Hasil survey CRC juga memotret keyakinan pendukung atas paslon pada Pilkada Takalar. Dengan melibatkan sebanyak 450 responden dengan metode multistage random sampling, hasilnya 45,7 persen responden menjawab cukup yakin dan 37,9 persen lainnya menjawab sangat yakin. Sisanya yakni 14,1 persen menjawab tidak tahu, 1,18 persen menjawab kurang yakin dan 0,4 persen menjawab tidak yakin.

“Elektabilitas Bur-Nojeng masih unggul ketimbang rivalnya, bahkan beberapa partai yang menjadi pengusung (SK-HD) lebih cenderung mendukung petahana Bur-Nojeng,”ujar Herman.

Secara terpisah, juru bicara pasangan SK-HD, Arum Spink yang dimintai tanggapan mengaku geli dengan hasil survei CRC tersebut. Menurutnya, hal tersebut hanya untuk menyenangkan kliennya saja.

“Saya tertawa membaca berita terkait hasil survei sebagaimana dirilis CRC. Menurut saya, apa yang disampaikan dari hasil risetnya tidak lebih dari upaya menyenangkan klienx saja. Bahwa meski saya tahu bahwa itu adalah haknya secara kelembagaan,”ujarnya via Whatsapp.

Politisi Nasdem ini mengungkapkan bahwa hal tersebut hanya ingin menggunakan waktu tenang untuk berkampanye saja. “Lebih jauh saya ingin tegaskan bahwa hasil survei ini tidak lebih dari pinggiringan opini saja jelang pencoblosan atau memanfaatkan hari-hari tenang ini untuk berkampanye. Yang saya pertanyakan, kenapa cuma 60 persen. Mestinya 70 persen dong biar lebih mengesankan bahwa pasangan HB-HN menang telak nanti di Takalar,” tandasnya.(and/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top