Aceh dan DKI Jakarta Apresiasi Kota Palopo – FAJAR sulsel
News

Aceh dan DKI Jakarta Apresiasi Kota Palopo

BPJS-1

-Satu-satunya Kab/Kota Terapkan JKN Cakupan Semesta

PALOPO — Kota Palopo merupakan kabupaten/kota di Indonesia yang satu-satunya menerapkan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dengan cakupan semesta. Hal ini membuat Kota Palopo disejajarkan dengan DKI Jakarta dan Provinsi Aceh dalam hal mengikutsertakan seluruh warganya menjadi peserta BPJS Kesehatan.

Untuk itu, Kota Palopo dalam hal ini Asisten I Setda Kota Palopo, Drs Burhan Nurdin, M.Si, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes, dan Kadis Dukcapil Kota Palopo, Asir Mangopo melakukan kunjungan ke Provinsi Aceh dan DKI Jakarta, Jumat 10 Februari 2017.

Asisten I Setda Kota Palopo, Drs Burhan Nurdin, M.Si kepada Palopo Pos mengatakan, saat di Provinsi Aceh, mereka berkunjung ke Kantor BPJS Cabang Banda Aceh dan bertemu dengan Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banda Aceh, Rita Masyitah Ridwan.

Dalam kunjungannya tersebut, Rita Masyitah Ridwan menjelaskan kalau seluruh warga Aceh telah menjadi peserta BPJS Kesehatan yang dibiayai oleh Provinsi Aceh dengan pelayanan kelas III. Yang mana diberi nama Jaminan Kesehatan Rakyat Aceh (JKRA). Makanya, mereka sangat bangga dan salut terhadap Kota Palopo yang mengikutsertakan seluruh warganya dalam program JKN Cakupan Semesta yang biayanya melalui APBD.

”Mereka kagum dengan kepemimpinan Wali Kota Palopo, dimana mengikutsertakan seluruh warganya menjadi peserta BPJS Kesehatan setara dengan DKI Jakarta dan Aceh,” sebut Burhan Nurdin.

Usai diterima, Asisten I didampingi Kadis Kesehatan dan Kadis Dukcapil menyerahkan cinderamata kepada Kepala Cabang BPJS Kesehatan Banda Aceh, Rita Masyitah Ridwan.

Usai mengunjungi Aceh, studi banding dilanjutkan ke DKI Jakarta. Di Jakarta, Kepala Divre IV BPJS Kesehatan DKI Jakarta dan Kepala Cabang BPJS Jakarta Selatan menerima kunjungan Pemkot Palopo.
Lagi-lagi, program Cakupan Semesta yang diterapkan Kota Palopo mendapat apresiasi yang sangat tinggi.

”Mereka kagum dengan kepemimpinan Wali Kota. Dimana Kota Palopo merupakan satu-satunya kab/kota di Indonesia yang menerapkan program tersebut. Kalau di DKI Jakarta namanya Kartu Jakarta Sehat,” ucap Kadis Kesehatan Kota Palopo, Dr dr Ishak Iskandar, M.Kes.

Intinya, lanjutnya, program ini keseluruhan akan berlaku 2019, namun Provinsi Aceh tahun 2010 dan DKI Jakarta tahun 2013. Untuk Kota Palopo tingkat kab/kota pertama di Indonesia.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top