Bisang, Kampung Wisata Butuh Perhatian – FAJAR sulsel
News

Bisang, Kampung Wisata Butuh Perhatian

ENREKANG, UPEKS.co.id — Sekelompok ibu-ibu riuh menyaksikan perubahan di Air Terjun Kajejen. Ibu-ibu dari kelompok penjahit di Lingkungan Bisang itu, penasaran terhadap cerita warga terkait makin ramainya kunjungan.

Mereka semakin heboh saat melewati jembatan bambu dan melihat rumah pohon. Mereka terlihat bahagia melihat kegiatan anak muda di Lingkungan Bisang kini sibuk benahi lokasi Air Terjun Kajejen.

Sekelompok anak muda Bisang yang bernaung dalam Organisasi Kokocing Art and Galeri yang punya gawean membenahi Air Terjun Kajejen dan dipersiapkan sebagai destinasi wisata alternatif di Lingkungan Bisang, Kel. Lewaja, selain Permandian Alam Lewaja.

Sejak dibenahi, Air Terjun Kajejen banyak kunjungan. Menarinya, terdapat rumah pohon, jembatan bambu, ayunan cinta dan water tubing. Kini jadi perbincangan media sosial terutama instagram.

Wisata Air Terjun Kajejen, adalah bagian dari Bisang Festival 2 yang baru saja digelar pemuda Bisang. Dalam rangkaian Bisang Festival, juga digelar kegiatan Petualangan anak, dan kegiatan Wisata dan Literasi.

Bisang Festival yang baru saja dihelat adalah langkah awal menuju Lingkungan Bisang menjadi Kampung Wisata dengan segala potensi alamnya yang mengikat.

Sejak Bisang Festival dihelat, banyak pertanyaan muncul antara penyebutan Bisang dan Lewaja. Bukankah Bisang itu di Lewaja, atau Kampung Bisang itu sebelah mananya Lewaja, atau Air Terjun Kajejen itu Air Terjun Lewaja jugakah.

Pertanyaan-pertanyaan itu muncul sebab, selama ini, orang lebih banyak mengenal Lewaja sebagai tempat Wisata, dan Lingkungan Bisang, masuk dalam Kelurahan Lewaja.

Untuk mewujudkan Bisang Kampung Wisata tentu perlu dukungan dari berbagai pihak, baik itu dari Dinas Pemuda, Olah Raga dan Pariwisata, Perindag, Perikanan dan warga khususnya lingkungan Bisang.

“Lewat Perwujudan Kampung Wisata, banyak hal positif yang bisa tercipta, baik itu mengajak anak muda berpikir inovatif, berwirausaha dan meningkatkan pendapatan warga.

Semoga, perhelatan Bisang Festival menjadi jembatan Menuju Bisang Kampung Wisata, kata Naim salah satu pemuda yang mendorong agae bisa dijadikan salah satu alternatif wisata air terjun. (sry/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top