BPKP Perlu Audit Proyek PPN Palipi II – FAJAR sulsel
News

BPKP Perlu Audit Proyek PPN Palipi II

MAJENE,UPEKS.co.id — Pembangunan tanggul Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) tahap dua di Desa Palipi Sendana, Kecamatan Sendana, patut diusut. Pasalnya proyek tersebut ada indikasi dikerjakan asal jadi, dan terkesan dipaksakan.

Pantauan dilokasi dermaga, Sabtu, (11/2) tanggul dermaga yang ambruk beberapa bulan lalu masih terlihat retak dan ambruk, belum ada upaya perbaikan, hanya beberapa orang pekerja yang mengerjakan badan jalan menuju dermaga.

Salah seorang warga setempat yang ditemui dilokasi mengatakan, dulunya setelah proyek itu selesai dikerjakan langsung ambruk, bagaikan sia-sia saja dan terkesan hanya menghamburkan uang rakyat. Pasalnya perencanaan proyek kurang matang. Ironisnya 2011 lalu juga mengalami hal sama, bahkan sejumlah orang sudah dipenjarakan.

“Ini cukup memprihatinkan, sebab belum lama rampung dikerja, namun sebagian kondisi taludnya, sudah retak dan ambruk. Diduga kontruksi proyek ini, dikerja asal jadi dan terkesan dipaksakan, ”ujar Syarifuddin warga Desa Palipi, Sabtu (11/2).

“Dulunya setelah proyek itu selesai dikerjakan langsung ambruk, bagaikan sia-sia saja dan menghamburkan uang rakyat, karena perencanaan proyek yang kurang matang, bahkan tahun 2016 yang lalu kembali dianggarkan pembangunan tanggul Rp3 M, ironisnya baru saja dibangun sudah ambruk,” katanya.

Sementara itu penggiat anti korupsi Sulbar Anwar menjelaskan, kondisi proyek yang terus demikian akan berdampak bertambahnya anggaran biaya pemeliharaan. Anwar juga menyebut pembangunan pelabuhan senilai Rp 21 miliar itu disinyalir terkesan proyek dipaksakan.

“Olehnya itu kami meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sulbar untuk melakukan audit menyeluruh terkait pembangunan tanggul tahap kedua ini. Ini proyek patut diusut oleh Kejari Majene,”kata Anwar. (ali/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top