Ditantang Buka Kantor Kas Di Belopa – FAJAR sulsel
News

Ditantang Buka Kantor Kas Di Belopa

PALOPO–Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Palopo ditantang Bupati Luwu, Andi Mudzakkar untuk membuka kantor kas di Belopa. Itu setelah Kepala BTN Cabang Palopo, Erwin Kidingallo engungkap potensi Kabupaten Luwu terkait pengembangan properti disana, Sabtu, 11 Februari 2017, di Rumah Jabatan Bupati terkait kegiatan Akad Kredit Massal yang digelar di Luwu Expo.

“BTN Cabang Palopo ini wilayahnya sangat luas. Dan di Kabupaten Luwu ini kami baru merealisasikan perumahan 1100 unit,” ucap Erwin.
Jumlah itu masih jauh lebih sedikit dibanding jumlah penduduk disana. Apalagi jika mengukur jumlah PNS, TNI dan Polri yang jumlahnya berkisar 6000 orang lebih, dan baru 20 persen total jumlah user yang memiliki rumah. “di Kabupaten Luwu ini dengan kondisi yang ada masih membutuhkan kurang lebih 1000 unit rumah. Sementara untuk tahun ini pembangunan perumahan subdsidi di Luwu baru ditarget 500 unit bisa terbangun.

Jika pembangunan kantor tersebut bisa diwujudkan akan semakin mempersingkat pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan. Tentu BTN Cabang Palopo pun mengharapkan penempatan Dana Pihak Ketiga yang lebih besar di Kabupaten tersebut.

Mendengar hal itu, Andi Mudzakkar memberikan respon yang mengejutkan. Ia menantang BTN Cabang Palopo untuk segera membangunnya.

“Bangun mi’ dulu, baru kita lihat,” ucap Bupati Luwu dua periode tersebut. Ia menggambarkan potensi Kabupaten Luwu yang besar termasuk dunia kepariwisataan di Latimojong. Sektor swasta termasuk BTN Cabang Palopo sendiri diharapkan turut andil misalnya membangun cottage, dan sebagainya.

Pihaknya mengharapkan semakin banyak perbankan hadir di Kabupaten Luwu ini. “Artinya perputaran dana masyarakat bisa lebih besar,” katanya. Selain itu, agar pusat pembangunan juga tidak hanya berfokus pada satu titik. Khususnya di daerah bagian utara dan selatan Kota Belopa. Misalnya di daerah Larompong dan Larompong selatan itu diakui masih ada masyarakatnya yang menabung di daerah tetangga, begitupun di daerah Bua.

Respon yang diberikan Pak Cakka, sapaan akrab Bupati Luwu ini cukup besar. Itu terlihat pada acara Akad kredit massal KPR oleh
Pengembang se-Kabupaten Luwu kerjasama BTN Cabang Palopo kepada 92 user di Luwu Expo. Pada hari itu nilai transaksi akad
perumahan mencapai Rp10 Miliar.

Sejumlah pengembang mitra BTN Cabang Palopo menyambut baik wacana itu. Gunawan Rahman, Site Manager PT Banuanta Pratama mengatakan hal ini akan memberikan motivasi baru kepada pengembang. “Pastinya pembangunan properti bakal semakin menggeliat lagi di Kabupaten Luwu, dan juga mempersingkat pelayanan sehingga masyarakat tidak jauh-jauh lagi ke Kota Palopo,” ujarnya.

Di tempat terpisah, Erwin Kidingallo terkait pembangunan Kantor ini mengungkapkan dari sisi jumlah perumahan saat ini memang sangat memungkinkan untuk membangunan Kantor di Belopa. “Namun untuk membangun harus melalui uji visibility dulu, serta adanya komitmen bersama,” tandas pemimpin cabang yang baru sebulan menjabat di Palopo ini. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top