Kompor Meledak, Tiga Petak Rumah Ludes Terbakar – FAJAR sulsel
News

Kompor Meledak, Tiga Petak Rumah Ludes Terbakar

KEBAKARAN hebat terjadi di Jaln Ahmad Razak, Kota Palopo. Empat petak rumah dilalap api dan satu mobil nyaris terbakar. Kejadian ini tidak ada korban jiwa. Namun, kerugian materil diperkirakan puluhan juta.

PALOPO — Ada ledakan keras. Saat bersamaan, asap tebal berwarna hitam pekat terbang ke udara. Sumbernya dari arah Jalan Ahmad Razak. Rupanya, tiga rumah lude dilalap si jago merah. Ada juga satu unit mobil ikut dilalap api. Namun, tidak sampai ludes.

Peristiwa itu terjadi Minggu 12 Februari 2017, sekitar pukul 16:00 Wita. Api begitu mudah menyebar. Karena dinding rumah rata-rata terbuat dari papan yang mudah terbakar. Sehingga, dalam hitungan detik saja, api berhasil menghanguskan tiga rumah. Saat menyeberang ke rumah lainnya, Damkar sudah tiba di lokasi.

Selain menyelamatkan satu rumah, Damkar juga berhasil menyelamatkan satu unit mobil Kijang Nopol DD1270 XK. Pada saat kejadian, pemilik mobil tidak ada di tempat. Padahal, api sudah membakar bagian depan sebelah kiri mobil.

Untuk memindahkan mobil ini, terpaksa kaca mobil bagian sopir dijebol. Dipecahkan! Personil Damkar kemudian mendorong mobil itu menjauh dari objek kebakaran.

Plt Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Palopo, Muh Raiz SE MM, melalui Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Andi Alik, mengatakan, enam unit mobil pemadam kebakaran dibantu 1 unit mobil tanki dikerahkan dan sekirar 60 personil diturunkan untuk memadamkan api.

“Tidak ada korban jiwa. Yang ada hanya kerugian material. Kalau jumlahnya kami belum tahu persis, karena saat ini kami masih melakukan pemeriksaan barang-barang apa saja yang terbakar. Namun, ada tiga tabung gas elpiji tiga kilo gram yang kami temukan,” kata Andi Alik.

Andi Alik mengaku belum mengetahui penyebab kebakaran. “Kami belum tahu penyebabnya. Ini sementara kami selidiki,” sebutnya.
Pemilik rumah bernama Muh Kasim, 54 tahun, warga Perumahan Cempaka, yang ditemui di TKP, mengatakan, ada empat petak rumahnya disewakan.

Satu keluarga menyewa dua petak. Digunakan sebagai bengkel dan warung makan. Satunya lagi adalah rumah tinggal. Di sebelahnya disewakan untuk warung juga.

Pemilik bengkel bernama Nur Alam, 50 tahun. Pada saat kejadian dia tidak berada di tempat. Demikian juga istrinya, Sumantri pemilik warung . Yang ada hanya anak perempuannya. Penyewa lainnya bernama Andi Alam. Satu lagi, penyewa rumah yang berhasil diselamatkan adalah Piter, 58 tahun.

“Saat kejadian saya berdiri di depan rumah, tiba-tiba saya melihat ada asap. Lalu saya mulai menghitung,” ujarnya.

Pas hitungan ke lima, ia mendengar kompor meledak. Ledakannya cukup keras. Di hitungan ke-14, Pemadam sudah tiba. ”Seandainya pemadam tidak cepat datang, saya menaksir dalam hitungan ke-25, rumah saya hangus,” kata Piter, yang juga saksi mata.

Piter menyebutkan bahwa asal api. Berasal dari warung makan yang ada di sebelah bengkel. “Namanya warung makan, kompor menyala 12 jam,” ungkapnya, lagi. Dia juga menyebutkan bahwa kendati hanya sebagian rumahnya yang ikut terbakar, Piter mengaku mengalami kerugian sekitar 10 juta lebih.

Satu unit mobil yang berada di depan bengkel diduga adalah mobil yang tengah diperbaiki di bengkel itu. Sayangnya, bukan makin baik malah kondisinya makin parah akibat kebakaran.

Akibat kebakaran itu, arus lalu lintas di Jalan Ahmad Razak lumpuh. Masyarakat memadati jalan itu. Namun kebanyakan hanya menonton dan mengambil gambar. Aparat kepolisian dan TNI juga tampak sibuk mencari keterangan.(ara/rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top