Danny Berpeluang Diusung Banyak Parpol – FAJAR sulsel
News

Danny Berpeluang Diusung Banyak Parpol

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Pada pemilihan Walikota (Pilwalkot) Makassar 2018 mendatang Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto berpeluang diusung oleh banyak Partai Politik.

Hal tersebut diungkap Direktur Indeks Politica Indonesia (IPI) Suwadi Idris. Dia menyebutkan, bahwa petahana bisa paling banyak diusung banyak parpol karena kinerjanya yang memuaskan masyarakat, dan elektalibitas yang tinggi.

”Pada Pilwalkot nanti, petahana (Danny Pomanto) berpeluang paling banyak diusung, karena survey tingkat kepuasan masyarakat tinggi, serta elektalibitas yang tinggi,” ujarnya.

Akan tetapi, kata Suwadi menambahkan petahana harus berhati-hati dengan beberapa nama yang bisa saja tak terduga menjadi lawan Walikota Danny. Salah satunya yakni Andi Idris Manggabarani, apalagi setelah menjadi Ketua DPD Gerindra Sulsel, itu menjadi modal yang besar Idris.

”Petahana harus mewaspadai Idris Manggabarani, karena dia sudah mempunyai modal partai, dan juga popularitasnya yang lumayan bagus,” ucapnya.

Terpisah, analis politik, Firdaus Muhammad menjelaskan bahwa Danny pomanto haruslah jeli untuk berpaket dengan berbagai figur, khususnya yang berlatarbelakang partai.

“Danny berpeluang kembali terpilih manakala berpasangan dengan Syamsul Rizal alias Deng Ical sebagai calon wakil. Danny bisa lebih kuat jika kembali merapat ke klan politik Ilham Arief Sirajuddin untuk mendekati Deng Ical, Andi Rahmatika Dewi alias Cicu atau bahkan istri Ilham Aliyah Mustika. Peluang Danny akan sulit manakala klan Ilham yang menjadi lawan politik Danny,” ujar Firdaus.

Firdaus menambahkan, sebaiknya Danny melirik elite partai agar peluangnya menang semakin terbuka misalnya petinggi Golkar dan Demokrat. Selain Ical, peluang Danny juga besar jika bersama Farouk M Betta atau Aru.

Sementara jika Danny ingin mencari figur non partai untuk berpasangan tentu risiko politik akan sangat besar sehingga mesti dipertimbangkan dengan sangat jeli. Ditambahkan bila non partai seperti Husain Abdullah alias Uceng juga menjual, tapi beresiko karena masing-masing dari non partai begitu juga ketika maju melalui jalur independen juga berat.

“Danny juga mesti menimbang figur yang tepat mendampinginya jika peluang bersama Ical untuk kembali berpaket sulit,” pungkasnya. (and-mg04/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top