Judas Berharap Serap Banyak Tenaga Kerja – FAJAR sulsel
News

Judas Berharap Serap Banyak Tenaga Kerja

-TPS3R Pacuan Kuda Diresmikan

PALOPO — Wali Kota Palopo, HM Judas Amir meresmikan Tempat Pengolahan Sampah Reuse, Reduce dan Recycle (TPS3R) Pacuan kuda, di Kecamatan Wara, Kelurahan Lagaligo, Senin 13 Februari 2017. Setelah diresmikan, besar harapannya agar bangunan ini berfungsi secara optimal dan mampu menyerap tenaga kerja lebih besar di Kota Palopo.

“Dengan difungsikannya TPS3R ini kita telah berupaya menciptakan lapangan kerja,” kata Wali Kota saat menyampaikan sambutan di acara serah terima dan peresmian tersebut. Melihat TPS3R yang tengah berdiri saat ini HM Judas Amir juga mengungkapkan tengah menyiapkan lokasi sebanyak 15 buah yang akan dipersiapkan untuk pembangunan berikutnya.

Hal ini dinilai baik, karena tidak hanya menciptakan lapangan kerja saja seperti kalimat yang kerap didengungkannya “Siapa mau jadi apa” namun adanya bangunan TPS3R ini jika bekerja secara optimal.

Selain itu juga mampu menekan biaya operasional angkutan sampah.
Namun penekanan orang nomor satu di Kota Palopo ini adalah berkurangnya pengangguran di Kota Palopo ini dengan kehadiran TPS3R tersebut.

“Saya mau ini dijaga baik-baik. Jangan kita seperti stempel yang hanya dimiliki namun bisa saja tidak difungsikan,” ucapnya di hadapan Kelompok Swadaya Masyarakat yang merupakan pengelola TPS3R Pacuan Kuda tersebut.

Menurut Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Palopo, Wahyuddin, pembangunan gedung TPS3R beserta isinya tersebut menggunakan APBN sebesar Rp600 Juta.

Pengerjaan dilakukan selama kurang lebih 6 bulan. Terkait prosesnya nanti TPS3R ini akan berfungsi mengolah kembali sampah, seperti misalnya sampah organik akan diolah menjadi kompos dan sampah non organik akan dijual.

“Di tempat ini nanti akan dilakukan pengolahan, pemilahan sampah, sisanya yang sudah tidak bisa difungsikan dibuang ke TPA,” ucapnya disela-sela kegiatan kemarin.

Sebanyak 500 kepala keluarga akan dilayani oleh TPS3R ini. Tekhnisnya nanti sampah tersebut akan dijemput dirumah rumah warga “Sebelum diresmikan ini kami sudah lakukan pendataan terkait penerima manfaat tersebut,” kata Mantan Kabid Kebersihan Kota Palopo ini.

Peresmian TPS3R dihadiri oleh sejumlah unsur Muspida yakni, Wakapolres Palopo, Kompol Woro Susilo, Kasdim 1403 Sawerigading, Mayor (inf) Awal Alauddin, Kepala DPM-PTSP, Farid Kasim, Kepala Dispora, Nuryadin, Kepala Dinas Kebudayaan Andi Enceng serta tamu dan undangan lainnya.

Seremoni ini dimulai dengan serah terima gedung TPS3R beserta isinya, serta peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti serta penyerahan kendaraan operational yang akan dipergunakan nantinya.(ald/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top