Layanan Publik ke Masyarakat Tetap Jalan – FAJAR sulsel
News

Layanan Publik ke Masyarakat Tetap Jalan

* Biar Libur Nasional

PALOPO — Hari libur nasional jatuh Rabu 15 Februari 2017, besok. Bertepatan dengan hari pencoblosan pilkada serentak di 101 daerah. Pegawai PNS boleh libur. Begitu juga layanan di perbankan. Layanan di transaksi teller ikut pula libur. Namun demikian, layanan publik ke masyarakat harus tetap jalan.

Di Kota Palopo, Termasuk pegawai di seluruh SKPD lingkup Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo. Surat Edaran (SE) libur nasional akan dibagikan ke seluruh SKPD, Selasa 14 Februari 2017, hari ini.

Demikian diungkapkan Kabag Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) Setda Kota Palopo, Iwan Mursalim, Senin 13 Februari 2017. Menurut Iwan, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi Asman Abnur menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang Pelaksanaan Hari Libur saat Pilkada bagi para aparatur sipil negara (ASN) di seluruh Indonesia.

Dalam Surat Edaran MenPANRB Nomor B/9/M.KT.02/2017 tersebut para pimpinan unit atau satuan kerja yang memberikan pelayanan publik secara langsung untuk mengatur penugasan pegawai pada hari libur tersebut.

Berdasarkan siaran pers KemenPAN-RB, dengan demikian pelayanan publik kepada masyarakat dapat tetap berjalan baik dan lancar.
Pelayanan publik yang dimaksud misalnya rumah sakit, puskesmas, telekomunikasi, air minum, pemadam kebakaran, keamanan ketertiban, perbankan, perhubungan, serta unit pelaksana pelayanan publik sejenis.

Selain itu, setiap pimpinan instansi pemerintah agar melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan hari libur tersebut dan hendaknya mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk penegakan disiplin ASN sesuai aturan yang berlaku.

SE tersebut ditujukan kepada para Menteri Kabinet Kerja, Seskab, Kapolri, Kepala Kejaksaan Agung RI, Gubernur Bank Indonesia, Kepala Lembaga Pemerintah Non Kementerian, Pimpinan Kesekretariatan Lembaga Negara dan Lembaga Non Struktural, serta Gubernur dan Bupati/Wali Kota.

”Surat edaran sudah kami buat dan telah ditandatangani Wali Kota Palopo. Insya Allah besok (hari ini, Red) sudah kami sebar di SKPD,” sebutnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Palopo, Dahri Saleng, menyebutkan kalau seluruh PNS dinyatakan libur bersama dalam rangka Pilkada serentak 15 Februari 2017.
”Liburnya cuma sehari, cuma hari Rabu saja.

Dan Kamis 16 Februari 2017, PNS kembali bekerja. Jika ada yang menambah libur tanpa keterangan akan mendapatkan sanksi,” kata Dahri, kemarin.

Ketika ditanya bentuk sanksi yang diberikan, Dahri Saleng mengaku, semua itu tergantung dengan tingkat kesalahan yang dilakukan seorang PNS. Menurutnya, sanksi itu sudah diatur di dalam Peraturan Pemerintah (PP) nomor 53 tahun 2010 tentang disiplin PNS.

LAYANAN PERBANKAN TUTUP, KECUALI ATM

Seluruh perbankan di Kota Palopo ikut libur nasional, Rabu 15 Februari 2017. Layanan perbankan tutup full, kecuali layanan di ATM.

Sejumlah perbankan menyatakan pelayanan yang tutup full ini hanya di transaksi teller saja. “Pelayanan di ATM tetap berjalan,” kata Rahman, Pemimpin Bidang Layanan Nasabah BNI, saat dikonfirmasi via SMS, Senin 13 Februari 2017, kemarin. Hal ini terbilang baru, karena biasanya pelayanan di saat liburan itu tetap memberikan pelayanan terbatas seperti Ampra oleh SPBU dan penyetoran nasabah lainnya, namun libur nasional yang dicanangkan kali ini sama sekali tutup, kecuali penarikan di Anjungan Tunai Mandiri (ATM).

Demikian halnya Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Palopo, Bank Sulselbar Cabang Utama Palopo yang juga menyatakan libur. “Kami sudah dapat informasi dari kantor pusat. Hari Rabu, bank tutup, kecuali layanan ATM,” kata Erwin Kidingallo, kepala BTN Cabang Palopo dan H Yulis Suwandi, Kepala Bank Sulselbar.

Hanya BRI Cabang Palopo yang masih menunggu informasi dari kantor pusat mereka. Menurut Sutarda, staff BRI jika kepastian libur di hari itu sudah fix. Hanya saja, terkait pelayanan nanti, pihaknya belum mendapatkan informasi.

“Sampai saat ini kami belum mendapatkan informasi soal pelayanan. Apakah ada layanan terbatas atau seperti halnya bank lain saat libur pada hari rabu nanti, Mungkin kanwil BRI memberi informasi tersebut besok,” jelasnya.

Tidak hanya bank pelat merah saja, bank swasta seperti Bank Panin juga menyatakan libur besok. Libur perbankan tersebut ditegaskan juga Bank Indonesia dikutip dari JPNN (Jaringan pemberitaan Palopo Pos) yang menyatakan tidak akan beroperasi pada Rabu, besok.

“Sehubungan dengan Keputusan Presiden No.3 tahun 2017, tanggal 10 Februari 2017 tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Wali kota dan Wakil Wali kota Tahun 2017 sebagai Hari Libur Nasional, Bank Indonesia tidak beroperasi pada Rabu, 15 Februari 2017,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Tirta Segara dalam keterangannya.(ald-rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top