Luwu Expo 2017 Spektakuler – FAJAR sulsel
News

Luwu Expo 2017 Spektakuler

* Dibuka Wapres Hingga Dimeriahkan Jet Sukhoi dan Wali Band

PALOPO — Kabupaten Luwu yang dipimpin HA Mudzakkar-Amru Saher sukses memperingati Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke-71. Semua meriah. Lebih-lebih Luwu Expo 2017. Pameran dibuka oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Kemudian dimeriahkan atraksi jet tempur sukhoi. Ada artis Evi Masamba. Malam tadi, Wali Band dan Siti Badriah sukses menggoyang Belopa. Ungkapan yang pas diucapkan. Luwu Expo ini benar-benar spektakuler.

Luar biasa dan spektakuler. Kata inilah yang pantas disematkan untuk kegiatan Luwu Expo yang digelar Pemerintah Kabupaten Luwu di bawah komando langsung Bupati Luwu HA Mudzakkar, untuk memperingati Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perjuangan Rakyat Luwu ke-71 di ibu kota Belopa.

Setelah digelar selama 22 hari lamanya, pameran Luwu Expo yang dimulai 23 Januari 2017 di lapangan Andi Djemma Belopa, Senin 13 Februari 2017, malam tadi, ditutup langsung oleh Bupati Luwu HA Mudzakkar.

Penutupan Luwu Expo begitu meriah. Berjubel pengunjung hingga mencapai puluhan ribu orang yang sengaja datang di Luwu Expo sekaligus menyaksikan aksi panggung group band ibu kota, Wali Band dan penyanyi dangdut Siti Badriah yang membawakan lagu-lagu hitsnya di atas panggung utama Luwu Expo.

Sebelum mereka tampil, pameran Luwu Expo ini ditutup secara resmi Bupati Luwu HA Mudzakkar ditandai dengan pesta kembang api yang dinyalakan dari seluruh stand yang ada di arena pameran Luwu Expo. Pengunjung betul-betul tumpah di arena Luwu Expo hingga meluber ke jalan poros trans Sulawesi di Topoka dan sekitarnya dan mengundang kemacetan luar biasa.

Pelaksanaan pameran Luwu Expo yang yang digelar sejak 23 Januari (Hari Jadi Tana Luwu ke-749) hingga 13 Februari (bertepatan dengan HUT ke-11 Ibukota Belopa), yang dikordinir langsung Bupati Luwu HA Mudzakkar, betul-betul luar biasa dan spektakuler. Betapa tidak, kegiatan Luwu Expo yang digelar di jantung ibu kota lapangan Andi Djemma Belopa ini bukan hanya menyedot pengunjung, tetapi melibatkan berbagai elemen masyarakat serta menyita perhatian semua pihak.

Selama 22 hari digelar, berbagai kegiatan dilaksanakan di ajang Luwu Expo dan mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat Kabupaten Luwu dan Tana Luwu pada umumnya. Beberapa kegiatan yang masuk kategori event besar.

Atraksi pesawat jet tempur Sukhoi milik TNI-AU Skadron 11 Lanud Hasanuddin Makassar, tabligh akbar menghadirkan Ustadz Solmed, Pagelaran Budaya Kisah Cinta I La Galigo, pelepasan 1.179 lampion di malam hari, hiburan panggung rakyat menghadirkan penyanyi jebolan D’Academy Evi Masamba dan sejumlah penyanyi jebolan KDI.

Ada juga digelar hiburan rakyat dengan musik tradisional kecapi. Menghadirkan Sabri Brother asal Kabupaten Sidrap, panggung hiburan rakyat dari Kolaka Utara, Adventure Trail yang menghadirkan FDJ terkenal Tika Ola, kegiatan napak tilas perjuangan, lomba cerdas cermat berhadiah, pemeriksaan kesehatan gratis, pernikahan gratis di stand utama Kopi Bisang, pelayanan publik khususnya perijinan dan dokumen kewarganegaraan, lomba memasak menu kuliner tradisional mulai dari Nasi goreng, Barobbo, Kapurung, Mi goreng, beroncong dan es strop.

Tidak hanya menghadirkan berbagai kegitan spektakuler. Pameran Luwu Expo yang ditutup malam tadi, ternyata menorehkan catatan sejarah yang signifikan dari sisi investasi dan transaksi ekonomi. Hingga hari ke-21 kemarin, transaksi ekonomi di lokasi pameran Luwu Expo sudah mencapai angka di atas Rp15 miliar lebih.

“Pada peringatan HUT ke-11 Ibukota Belopa kami mengajak semua pihak untuk selalu menjaga kebersamaan. Kemudian memberi yang terbaik terhadap pembangunan di Kabupaten Luwu. Bila perlu buatlah sejarah yang selalu dikenang anak cucu kita,” ungkap HA Mudzakkar.

Luwu Expo selama 22 hari memang sengaja dirancang. Selain memberi hiburan kepada masyarakat, juga dapat mendorong roda perekonomian di ibu kota Belopa. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah menggali tradisi untuk diangkat kembali ke permukaan sebagai sebuah kekayaan daerah yang harus tetap dilestarikan.

Ketua Panitia Luwu Expo, Drs Muhammad Rudi, MSi, mengatakan, kegiatan Luwu Expo ini sangat dirasakan dampaknya kepada pelaku UMKM maupun pedagang kaki lima (PKL). Betapa tidak, investasi dan transaksi ekonomi bergulir cukup signifikan selama kegiatan Luwu Expo.

“Kita berharap kegiatan Luwu Expo ini bisa menjadi agenda rutin Pemerintah Kabupaten Luwu. Minimal sekali dalam dua tahun kita laksanakan dan peletak dasar pertama kegiatan ini adalah Bupati Luwu HA Mudzakkar,” ungkap Muhammad Rudi.(and/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top