NJOP Tahun 2017 Tetap – FAJAR sulsel
News

NJOP Tahun 2017 Tetap

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar bakal menetapkan Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) tahun 2017. NJOP bakal berlaku tetap atau sama pada 2016 lalu.

“Tahun ini tetap, masih sama dengan 2016 lalu,” terang Adriyanto Adnan, Kepala UPTD PBB Bapenda Makassar, Senin (13/2/2017).
Adriyanto menuturkan, penetapan NJOP 2017 akan diterbitkan melalui Surat Keputusan (SK) Walikota Makassar M Ramdhan Pomanto. SK itu berlaku selama setahun.

SK, katanya, akan disodorkan ke walikota usai Bapenda merampungkan pencetakan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) 2017. Pihaknya menargetkan SK rampung sekitar Maret-April mendatang.

“Secepatnya dirampungkan karena kita berupaya melakukan percepatan PBB,” katanya.

Lanjut Adritanto, Bapenda menargetkan Rp150 miliar pada tahun ini. Target PBB mengalami peningkatan dibanding 2016. Tahun lalu, target PBB hanya Rp144 miliar. Kendati demikian, potensi penerimaan PBB sebesar Rp174 miliar.

Sementara itu, Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPTD PBB Bapenda Makassar, Indirwan Dermayasair mengatakan, Bapenda tengah melakukan simulasi pada beberapa zona terkait NJOP ini.

Simulasi tersebut lantaran adanya pemekaran kelurahan di Kota Makassar. Simulasi ini juga bertujuan untuk menghitung potensi penerimaan Bapenda Makassar.

“Kita fokus penginputan dan potensi baru sesuai laporan dari kelurahan, kita menarik data dulu,” katanya.

NJOP di Kota Makassar mengalami kenaikan rata-rata 280 persen sejak 2015. Kenaikan tersebut pun menjadi keluhan masyarakat.
Di mana, NJOP terendah berada di kelurahan Tamangapa, Kecamatan Manggala pada saat ini. NJOP di kawasan ini sekitar Rp64 ribu per meter. Sedangkan NJOP tertinggi di Kelurahan Endeh, Wajo yang mencapai Rp18,3 juta per meter.

NJOP tersebut sesuai daftar yang dikeluarkan UPTD PBB Dispenda Makassar pada 2015 dan berlaku hingga saat ini.
Penentuan NJOP ini berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan No 150/PMK.03/2010 tentang klasifikasi dan penetapan NJOP sebagai dasar Pajak Bumi dan Bangunan. Penentuannya berdasarkan zona. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top