Ramai-ramai Dorong Pemekaran – FAJAR sulsel
News

Ramai-ramai Dorong Pemekaran

images-1

images (1)

WATAMPONE, RB–Pemekaran wilayah (Kabupaten, Kecamatan dan Desa) nampaknya menjadi topik yang saat ini tengah hangat diperbincangkan.
Banyak yang beranggapan, pemekaran merupakan upaya tepat mempercepat pemerataan pembangunan.

“Hanya dengan pemekaran pembangunan dapat menjangkau masyarakat yang selama ini tidak tersentuh karena anggaran yang dimiliki daerah induk yang tidak memadai,” ujar Andi Hamzah, mantan Ketua Umum Kepmi Unismuh Makassar, Selasa 14 Februari 2017.

Di sisi lain kata dia, banyak daerah dengan wilayah yang sangat luas tetapi akses sangat terbatas. Karena itu lanjut Hamzah, pemekaran merupakan solusi yang tepat dan patut diperhitungkan untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dari semua aspek.

Hamzah mengambil contoh, Kabupaten Bone yang mempunyai luas wilayah kurang lebih 4.559 km persegi dengan jumlah penduduk kurang lebih 738.515 jiwa dengan jumlah kecamatan 27, sangat ideal untuk dimekarkan menjadi empat wilayah (kabupaten) yaitu Kabupaten Bone Selatan, Kabupaten Bone Utara, Kabupaten Bone Barat dan Kabupaten Watampone.

“Sekarang kabupaten bone selatan dalam proses pemekaran. Dampak dari pemekaran itu pasti memberikan hasil yang positif seperti pertama pelayanan publik yang maksimal. Kedua perkembangan yang signifikan dibidang perekonomian. Ketiga luas daerah yang tidak terlalu luas memudahkan pemerintahan daerah mengelola daerahnya dan ke empat lebih fokus dalam pengembangan potensi daerah masing-masing,” tutupnya.

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top