Alokasi Dana Parpol di Bone Capai Rp1,3 M. Golkar Penerima Terbesar – FAJAR sulsel
News

Alokasi Dana Parpol di Bone Capai Rp1,3 M. Golkar Penerima Terbesar

grafis

PENULIS : ASKAR SYAM – BAHARUDDIN

WATAMPONE, RB–Pemerintah Daerah Kabupaten Bone, telah menyiapkan alokasi anggaran untuk dana parpol sebesar Rp1,3 miliar. Besaran dana parpol di Tahun 2017, tidak mengalami perubahan jika dibandingkan besaran dana parpol di 2016.
Kepala Bidang Anggara Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Bone, A Hasanuddin mengatakan, besaran dana parpol yang digelontorkan, dihitung dari jumlah suara masing-masing partai politik.
Partai Golkar lanjut dia memperoleh dana parpol terbesar, disusul Gerindra dan terkecil PKB setelah hanya meraih 1 kursi di DPRD Bone.

Hanya saja, Andi Daddi sapaan akrabnya, tidak bisa merinci besaran dana yang diterima masing-masing parpol.
Wakil Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Bone, A Irwansyah menyebutkan, dana parpol yang diperoleh partainya, mencapai Rp401 juta. Dana parpol yang diterima dari pemerintah daerah lanjut dia, digunakan untuk pendidikan politik, pengkaderan dan administrasi partai.

“Sesuai aturan, porsinya 60 persen untuk pendidikan politik dan 40 persen untuk keadministrasian partai,” kata Irwansyah.

Hitungannya, setiap suara yang diperoleh partai dihargai sebesar Rp3.650. Sementara sumber dari internal Gerindra menyebutkan, dana parpol yang dialokasikan pemerintah daerah diatas Rp150 juta lebih. Dana yang diperoleh Gerindra, tidak jauh dari apa yang diperoleh Partai Amanat Nasional (PAN) yang nominalnya berkisar di angka Rp100-an juta.
Praktisi polisik, Rahman Arif mengatakan, dana partai politik selama ini tidak jelas pengalokasiannya.
“Jarang ada partai yang intens menggelar pendidikan politik. Kita berharap parpol bisa meningkatkan fungsi pelayanan partai ke masyarakat. Terutama pendidikan kaderisasi dan kepemimpinan,” ucapnya.
*

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top