Begini Harapan Pemilih Pemula di Pilkada – FAJAR sulsel
News

Begini Harapan Pemilih Pemula di Pilkada

BeautyPlus_20160907115958_fast

PENULIS : ASKAR SYAM

WATAMPONE, RB–Tahapan pilkada Bone diprediksi bergulir pada Agustus mendatang. Hanya saja, banyak pemilih yang masih belum paham pentingnya menyalurkan hak pilih, khususnya dari kalangan pemilih pemula. Bahkan banyak dari mereka yang belum tau tata cara mencoblos.

“Menentukan hak pilih apakah dengan cara mencoblos atau cukup dicontreng saja,” ungkap Fitri yang pada Pilkada Bone 2018 mendatang sudah bisa menyalurkan hak pilihnya.
Siswi SMAN 1 Ajangale itu mengaku belum paham teknis menyalurkan hak pilih. Dia meminta penyelenggara pemilu agar meningkatkan sosialisasi pemilih, khususnya tata cara mencoblos dan apa pentingnya pemilu.

Praktisi politik, Dharmawansyah menegaskan, metode sosialisasi penyelenggaraan Pemilukada yang dilakukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus dijalankan lebih intens lagi.

“Saya kira, KPU harus lebih intens melakukan sosialisasi dalam berbagai bentuk untuk memaksimalkan masyarakat dalam menggunakan hak pilihnya,” kata Dharmawansyah.

Menurutnya, salah satu indikator keberhasilan penyelenggaraan pemilu, adalah maksimalnya tingkat partisipasi pemilih yang menyalurkan hak suaranya. Legitimasi kepala daerah yang dihasilkan dari proses Pemilukada, menurut dia, akan sangat tergantung pada seberapa maksimal tingkat partisipasi pemilih di pilkada.
“Salah satu keberhasilan penyelenggara jika mampu memaksimalkan partisipasi pemilih dan meminimalkan Golput,” tutupnya.

*

RADAR BONE

loading...
Click to comment
To Top