Bundaran Air Mancur Urai Lalu Lintas di Simpang Lima – FAJAR sulsel
News

Bundaran Air Mancur Urai Lalu Lintas di Simpang Lima

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Proyek Underpass Bandara tersisa setidaknya dua pekerjaan besar. Selain penggalian terowongan, juga masih mengerjakan bundaran kolam air mancur di atas underpass.

Deputy Project Manager PT Adhi Karya jo PT Wijaya Karya, Rizki Jatiwasesa mengatakan pembangunan kolam air mancur tahap pengerjaan dinding. “Sesuai perencanaan, diameter kolam berukuran 30 meter. Sesuai simulasi arus lalu lintas memang dikonsep agak lebar,” ungkap Rizki, Selasa (14/2).

Desain bundaran kolam yang agak besar, kata dia, dapat mengurai lalu lintas.

“Kalau bundarannya kecil, nanti kendaraan ada yang memotong arus. Jadi didesain, pengendara harus memutari dahulu bundaran,” bebernya.

Selain mengurai kemacetan, kehadiran tugu air mancur ini juga untuk membuat pengguna jalan merasa nyaman. “Konsepnya seperti di Bundaran HI. Proyek underpass ini bila sudah fungsional akan menjadi kebanggaan tersendiri,” imbuhnya.

Untuk pengerjaan beton bagian atas, kata Rizki semuanya sudah rampung.

“Saat ini pekerja fokus pada pengerjaan lanjutan penggalian terowongan. Penggalian tunnel terpaksa dihentikan dari arah Makassar karena tanah dasarnya rusak akibat genangan,” bebernya.

Penggalian terowongan kini pindah ke sisi dari arah Maros.

“Dari sisi ini lebih memungkinkan karena tidak akan tergenang karena elevasinya rendah. Saat ini sudah tergali 2-3 meter dari ketinggian 6 meter. Excavator baru bisa menggali tunnel kalau sudah turun 5 meter elevasinya,” katanya.

Kasatker Pelaksanaan Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid mengatakan, progres underpass sejauh ini semua sesuai harapan. Corak khas yang akan dipasang pada dinding terowongan sudah didiskusikan.

Corak khas Sulsel akan diukir di dinding terowongan. Tujuannya agar pengendara tidak jenuh saat melintas. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top