NEC Pelajari Pilkada di Indonesia – FAJAR sulsel
News

NEC Pelajari Pilkada di Indonesia

KOMISIONER Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menerima kunjungan dari National Election Commission of South Korea (NEC) di ruang operasional KPU RI, Jalan Imam Bonjol Nomor 29, Jakarta Pusat.

Pada kesempatan tersebut Ferry berbagi pengalaman tentang Penyelenggaraan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada) Tahun 2017, Senin (13/2).

“Pada Tahun 2017 ini, Pilkada serentak digelar di 7 provinsi, 76 kabupaten, dan 18 kota,” papar Ferry yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh penerjemah.

Ferry mengatakan, pilkada di Indonesia merupakan pemilihan tingkat lokal yang digelar di masing-masing daerah yang menyelenggarakan. Untuk itu, pemilih hanya bisa memberikan hak suaranya di daerah yang menyelenggarakan.

“Berbeda dengan pemilu nasional seperti pilpres, para pemilih bisa memilih di daerah mana saja dengan membuat surat pindah memilih,” jelasnya.

Ferry berharap, KPU RI dapat terus meningkatkan kerja sama dan bertukar informasi dengan NEC dalam soal penyelenggaraan pemilu.

“Saya berharap, dapat terus bekerja sama yang baik dengan NEC, baik itu pertukaran informasi, gagasan, staf, maupun teknologi,” harap Ferry.

Empat perwakilan National Election Commission of South Korea berkunjung ke KPU RI dalam suatu rangkaian acara Election Visit Program (EVP) 2017 yang diselenggarakan pada 13 – 16 Februari 2017 oleh KPU RI.

Para delegasi dari beberapa negara yang tergabung dalam Election Management Body (EMB), kedutaan besar negara sahabat, serta LSM dalam maupun luar negeri, akan ikut memantau jalannya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, 15 Februari kemarin. (mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top