PAD Terminal Tipe B Masih Nihil – FAJAR sulsel
News

PAD Terminal Tipe B Masih Nihil

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Sebanyak 16 terminal tipe B yang tersebar disejumlah kabupaten/kota di Sulsel menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel. Pengalihan kewenangan tersebut terhitung sejak tahun 2017 ini.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sulsel, Ilyas Iskandar mengatakan, walaupun 16 terminal tersebut sudah dialihkan ke provinsi, tetapi pihaknya belum bisa menargetkan nilai pendapatan asli daerah (PAD) yang masuk dari sektor tersebut.

Ilyas beralasan, sampai saat ini retribusi untuk teminal belum ada. “Kami belum ada landasannya soal ini. Kami juga masih mencari bentuk pengelolaan terminal,” ungkapannya.

Bentuk pengelolaan yang dicari sampai sekarang, itu karena pemerintah kabupaten dan kota menurunkan status terminalnya menjadi tipe C lantaran tidak ingin dikelola provinsi.

Selain terminal tipe B, Sulsel juga hanya punya satu terminal tipe A. Itupun dikelola oleh Perusahaan Daerah (Perusda), sehingga tidak bisa sama sekali dapat bantuan dari Kemenhub untuk pengelolaannya.

“Pengelolaannya itu langsung bertanggungjawab ke Walikota Makassar, jadi sama sekali tidak punya kontribusi ke provinsi,” pungkasnya.

Sebelumnya, Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sulsel mencatat, khusus PAD dari sektor pajak retribusi sepanjang 2016 lalu realisasinya mencapai Rp86 miliar.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top