Palopo Satu-satunya di Indonesia – FAJAR sulsel
News

Palopo Satu-satunya di Indonesia

* Kota Pertama Terapkan BPJS Kesehatan Paripurna Gratis

WALI KOTA Kota Palopo, HM Judas Amir meninjau Posko Pendaftaran BPJS Kesehatan Gratis di Kantor BPJS Kesehatan, Jalan Gunung Terpedo, Palopo, belum lama ini.

PALOPO — Walikota Palopo, HM Judas Amir bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Palopo, Adriansyah SE AAAK baru saja menandatangani Memorandum of Undestanding (MoU) yang menggratiskan iuran BPJS Kesehatan kepada seluruh warga Kota Palopo. Dengan demikian, maka warga akan mendapatkan pelayanan kesehatan gratis secara paripurna.

Hal itu tertuang dalam MoU nomor: 5/Huk&HAM/SP/II/2017 dan No: 14/KTR/IX-06/0217 tentang cakupan semesta jaminan kesehatan nasional bagi penduduk Kota Palopo tertanggal 1 Februari 2017 bertempat di Kota Palopo.

Demikian diungkapkan Kabag Humas Pemkot Palopo, Maksum Runi, di kantor redaksi Palopo Pos, Rabu 15 Februari 2017, kemarin.
Menurutnya, dengan adanya MoU tersebut berarti Palopo merupakan satu-satunya daerah kota/kabupaten yang menggratiskan pelayanan kesehatan secara paripurna kepada warganya. Itu karena, Pemkot telah membayarkan iuran BPJS Kesehatan kepada seluruh warganya. Sedang untuk daerah provinsi, hanya DKI Jakarta dan DI Aceh.

Sesuai data, jumlah pendudukan Palopo per Desember 2016 sebanyak 194.387 jiwa. Jumlah peserta BPJS Kesehatan Palopo per Desember 2016 sebanyak 156.500 jiwa. Masih terdapat 37.887 jiwa yang belum tercover BPJS. ”Semua warga (sebanyak 37.887) yang belum tercover BPJS tahun lalu, akan dimasukkan sebagai peserta BPJS Kesehatan,” terang Maksum.

Untuk menuntaskan semua warga tercover BPJS, maka Pemkot Palopo membuka Posko Pendaftaran BPJS Gratis di Kantor BPJS Kesehatan Jalan Gunung Terpedo, Palopo sejak awal Februari ini. Tak heran jika dalam beberapa hari terakhir, warga berbondong-bondong datang untuk mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS secara gratis.

Pada 7 Februari 2017 lalu, Wali Kota Judas didampingi Kepala Inspektorat Samil Ilyas dan Kabag Humas Maksum Runi berkunjung ke Posko tersebut. Pada kesempatan itu, Judas meminta kepada masyarakat agar menyampaikan kebaikan ini ke sesama warga Kota Palopo, karena peogram ini hanya tiga daerah yang melaksanakan.

Program ini juga tidak membeda-bedakan status masyarakat, bahkan dirinya menyampaikan kalau semua warga Palopo yang dibuktikan dengan kepemilikan KTP dan KK Sebagai Warga Kota Palopo, berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis.

“Mau warga yang mampu atau tidak mampu silahkan mendaftarkan diri dan nantinya akan mendapatkan fasilitas kelas III di rumah sakit,” ungkap Judas di hadapan warga yang antri mendaftarkan diri dan keluarganya.

Tinjauan di lapangan Warga yang datang cukup membawa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga, setelah itu bisa mendapatkan kartu kesehatan gratis. Identitas KTP dan KK ini juga bisa langsung digunakan disetiap rumah sakit di Kota Palopo yang bekerja sama dengan BPJS kesehatan.

Sementara itu, Kepala Cabang BPJS Kota Palopo, Andriansyah dalam sebuah kesempatan mengungkapkan, bahwa saat ini warga palopo sudah bisa kibarkan bendera kemerdekaan dibidang kesehatan. “Palopo merupakan kota pertama di Sulawesi dan Indonesia Timur, sejajar dengan DKI Jakarta dan Aceh. Masyarakatnya sudah bisa kibarkan bendera kemerdekaan dibidang kesehatan,” ungkap Andriansyah.

“Tidak ada kuota (tanggungan) tapi menjamin seluruh warga. Ini merupakan hal yang sangat bersejarah bagi kota palopo dalam bidang kesehatan,” lanjutnya. (ikh)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top