Pemegang Senpi Wajib Ikuti Tes Psikologi – FAJAR sulsel
News

Pemegang Senpi Wajib Ikuti Tes Psikologi

PALOPO — Salah satu bentuk antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan senjata api (Senpi), dilakukan tes psikologi atau psikotes. Itu wajib bagi anggota polisi. Khususnya Polres Palopo. Tes ini dilakukan tiap enam bulan sekali atau dua kali setahun.

Di tahun 2017 ini, psikotes bagi anggota Polres Palopo yang memegang senpi dilaksanakan, Senin 13 Februari 2017 di Aula Pratidina Mako Polres. Lantaran dihari yang sama juga diadakan pengamanan di kantor Pengadilan Negeri (PN) Palopo, maka psikotes ini dilakukan dua gelombang.

“Tes psikologi ini sifatnya wajib bagi anggota pemegang senpi, di samping penilaian dari atasan yang bersangkutan. Dalam tes ini anggota dites dari segi kecerdasan dan kepribadiannya (pengendalian diri dan kestabilan emosi),” kata Paur Psikotes dan Sikologi Polda Sulsel, AKP Irfan Natria kepada Palopo Pos.

Untuk gelombang pertama, kata dia, diikuti oleh 65 orang polisi. Sedangkan gelombang kedua diikuti 100 orang lebih.
“Kemarin psikotes kita adakan di Polres Luwu Utara, lalu di Polres Luwu Timur dan terakhir di Polres Luwu,” jelas AKP Irfan.

Dia mengatakan, anggota kepolisian yang tidak mengikuti tes ini, maka senjatanya akan ditarik. Dan bagi anggota yang dinyatakan tidak lolos tes, maka tidak berhak memegang senpi.
Pantauan Palopo Pos, peserta psikotes kebanyakan dari Satuan Intel dan Reskrim. Juga Narkoba. Para kapolsek dan kasat juga ikut.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top