Lutim Respon Wisata Agro Perkebunan – FAJAR sulsel
News

Lutim Respon Wisata Agro Perkebunan

Segera Identifikasi

LUTIM,UPEKS.co.id — Direktur Jendral Perkebunan Kementerian Pertanian, Ir Bambang MM mengatakan besarnya kontribusi Perkebunan terhadap pembangunan nasional. Indikasinya, data Pertumbuhan Produk Domestik Bruto (harga berlaku) nasional sektor perkebunan menyumbang Rp411,86 Triliun.

Pernyataan itu dikemukakan Bambang pada rapat koordinasi teknis pembangunan perkebunan dengan tema Sinergi Pembangunan Perkebunan Tiga Kali Lebih Maju, Mandiri, Moderen Dalam Kerangka Kebersamaan yang berlangsung di Ball Room Singgasana Hotel Makassar, Kamis (16/2/2017).

Menurutnya, meski kontribusi yang dihasilkan besar namun masih banyak tantangan yang harus dihadapi untuk mengembangkan sektor perkebunan. Diantaranya SDM dan kelembagaan petani, tanaman yang tua dan rusak, anomali lingkungan, penggunan benih yang tidak unggul, gangguan usaha OPT, pembiayaan perkebunan, persaingan komoditi dan lain sebagainya.

Untuk itu, Dirjen Perkebunan minta bupati/walikota di Sulsel merespon pembangunan agro wisata berbasis perkebunan dengan menentukan satu lokus di daerahnya masing-masing untuk dijadikan pusat kunjungan wisata maupun pusat pembelajaran.

Menanggapi hal itu, Bupati Lutim, Thorig Husler segera merespon pengembangan agrowisata tersebut. Menurutnya sektor perkebunan di Lutim sangat potensial. Makanya pengembangan wisata agro berbasis perkebunan ini harus dipersiapkan.

Kadis Pertanian Lutim, Ir Muharif saat mendampingi Bupati mengatakan, pihaknya segera membuat perencanaan untuk merespon masukan tersebut. ini akan kita awali dan turun identifikasi lokasi-lokasi atau areal yang layak untuk pengembangan wisata agro perkebunan di Lutim. (aco/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top