Terowongan Underpass Tergenang – FAJAR sulsel
News

Terowongan Underpass Tergenang

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Penggalian terowongan underpass simpang lima Bandara yang ditarget tuntas akhir Januari lalu, tak dapat direalisasikan. Rekanan terpaksa menghentikan penggalian lantaran terowongan tergenang air.

Panjang terowongan underpass 110 meter. Penggalian dimulai dari arah Makassar. Kepala Satker Pelaksanaan Jalan Metropolitan BBPJN XIII, Amin Hamid mengakui progress penggalian terowongan terhambat karena cuaca.

“Terowongan sudah tergali sekira 60 meter. Tersisa hampir 50 meter. Kendalanya, terowongan kini digenangi air. Jadi lanjutan penggalian kita tunggu sampai kering,” ungkapnya, Kamis (16/2).

Penggalian terowongan kembali ditarget rampung akhir bulan ini. “Pengujung Februari ini kami yakin sudah bisa tembus ke Maros. Proyek ini memang harus dipercepat sesuai arahan pak Gubernur,” bebernya.

Kendati terhambat, Amin tetap optimis underpass sudah bisa digunakan pada masa mudik Idulfitri tahun ini. “Kami tetap yakin secara fungsional, underpass sudah bisa dilalui pengguna jalan sebelum Lebaran nanti,” imbuhnya.

Setelah tembus, kontraktor akan fokus pekerjaan dinding terowongan. Setelah lantai dan dinding rampung, baru masuk pekerjaan ornamen bercorak khas Bugis-Makassar. Bagian tengah di atas terowongan juga direncanakan kolam air mancur berdiameter 30 meter persegi.

Tahun ini, proyek underpass kembali mendapat kucuran dana sebesar Rp52 miliar. Tahun lalu, total anggaran untuk proyek multiyears ini sebesar Rp75 miliar. Berbeda dengan beberapa proyek infrastruktur lain, underpass dari sisi anggaran tidak mengalami kendala.

Karena itu, Gubernur Syahrul Yasin Limpo di beberapa kesempatan meminta agar proyek ini dikebut. Dan diselesaikan tepat waktu. “Kita tidak ingin masyarakat berlama-lama menderita karena macet di kawasan underpass itu,” tegasnya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top