Tol Laut Gairahkan Pelayaran Nasional – FAJAR sulsel
News

Tol Laut Gairahkan Pelayaran Nasional

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Sektor maritim Indonesia saat ini sedang menjadi primadona untuk dikembangkan. Program Tol laut yang dicanangkan Presiden Jokowi menjadi salah satu bentuk keseriusan Pemerintah memaksimalkan potensi maritim di negara ini.

Demikian ditegaskan Menko Maritim RI, Luhut Binsar Panjaitan dalam Forum Nasional Indonesian National Shipowners’ Association (INSA) dengan tema “Peta dan Dinamika Kebijakan Pengembangan Industri Maritin di Indonesia”, di Hotel Grand Clarion Makassar, Kamis (16/2/17).

Menurut dia, hampir semua daerah memiliki potensi maritim yang luar biasa, salah satunya Sulsel yang dinilai berpotensi besar menjadi pilot project poros maritim Indonesia bagian timur.

“Dwelling time 2,5 hari di Makassar patut diapresiasi. Itu sudah sesuai instruksi Presiden Jokowi, kedepan ini akan terus kita pantau,” pungkasnya.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo mengharapkan akan lahir rekomendasi-rekomendasi dalam forum nasional INSA di bidang kemaritiman, yang akan diusulkan ke pemerintah untuk menunjang perekonomian yang semakin membaik.

“Sulsel sendiri saat ini berada pada pertumbuhan ekonomi diatas rata- rata nasional bahkan tertinggi di Asia. Itu akan kita pertahankan dengan fokus menggarap potensi maritim,” katanya.

Syahrul menargetkan potensi maritim Sulsel mencapai Rp11 triliun pada 2018 mendatang. Menurutnya, potensi maritim Sulsel dari sektor perikanan dan kelautan tersedia dalam jumlah besar, mulai dari beragam jenis ikan hingga rumput laut.

Selain itu, secara geografis Sulsel yang ditopang panjang pantai hampir 2.000 kilometer persegi dan memiliki 362 pulau kecil, menjadikan daerah ini berpotensi besar menjadi hub poros maritim di wilayah timur.

Syahrul menegaskan, pengembangan Sulsel kedepan semata-mata untuk bangsa. “Sulsel bukan hanya milik orang Bugis Makassar, melainkan milik Indonesia,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Umum INSA, Carmelita Hartoto, mengaku program tol laut Presiden Jokowi saat ini membuka peluang untuk menjemput kekayaan maritim nasional. Dengan program tol laut, sejumlah wilayah terpencil dan sulit untuk dijangkau mulai terbuka.

“Saat ini INSA sedang berjuang mengambil pangsa pasar domestik dengan dukungan pemerintah melalui program asas cabotage atau mewajibkan perusahaan asing bekerjasama dengan perusahan lokal. Saat ini 82-90 persen muatan domestik sudah diangkut kapal nasional yang beroperasi,” akunya.(eky)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top