BPJS Kesehatan Manjakan Peserta JKN-KIS – FAJAR sulsel
News

BPJS Kesehatan Manjakan Peserta JKN-KIS

MAKALE–Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan mengembangkan strategi kemudahan bagi masyarakat yang memiliki keterbatasan waktu atau menginginkan kemudahan dalam mendaftarkan diri dan anggota keluarganya sebagai peserta JKN-KIS.

Kemudahan yang diberikan BPJS Kesehatan itu, khusus untuk pendaftar calon peserta kategori Pekerja bukan penerima upah (PBPU)/ Peserta mandiri dan peserta kategori bukan pekerja (BP).

“BPJS Kesehatan memperluas kanal-kanal pendaftaran yang telah ada, salah satunya melalui mekanisme pendaftara melalui telepon yaitu lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400,” ujra Kepala BPJS Kesehatan, Toraja dan Enrekang, Hartono Purba, saat konfrensi pers di Kantor BPJS Kesehatan Makale, Selasa, 16 Mei 2017.

Kini calon peserta tidak perlu mengantri panjang di Kantor BPJS Kesehatan, cukup dengan menghubungi 1500-400, maka calon peserta kategori PBPU atau peserta mandiri bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan Care Center atau Virtual Service.

BPJS Kesehatan Care Center yang sebelumnya tersapat fungsi pemberian informasi, penanganan pengaduan, tanya dokter dan pengelola media soasal maka saat ini di kembangkan fungsinya.

Hartono, menjelaskan, hal yang harus di persiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon Care Center 1500-400 antara lain beberapa informasi yang akan ditanyakan oleh petugas seperti nomor Kartu Keluarga (KK), nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor Rekening Tabungan (BRI, BNI, MANDIRI), Nomor handphone, Alamat Domiaili/Tempat tinggal (Untuk Mengirim Kartu), dan Alamat Email.

“Setelah syarat diatas siap, maka calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500-400, calaon peserta akan dilayani oleh agent card center. Rekaman pembicaraan antara calon peserta dengan Agent akan menjadi bukti pendaftaran,” jelasnya.

Cakupan peserta BPJS Kesehatan Tahun 2017 berdasarkan kelompok kepesertaan sampai dengan bulan April tercatat bahwa Tana Toraja peserta JKN 195.876, antara lain PBI 158.163 peserta, Non PBI 37.713 peserta, Toraja Utara Peaerta JKN 203.322, antara lain PBI 168.003 peserta, Non PBI 35.319 dan Enrekang Peserta JKN 151.126 peserta, antara lain PBI 115.126 dan Non PBI 35.969 peserta.(mg5/ded)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top