Imigrasi Mudahkan Perpanjangan Paspor – FAJAR sulsel
News

Imigrasi Mudahkan Perpanjangan Paspor

PALOPO — Perpanjangan paspor di Kantor Imigasi Kelas III Palopo semakin dimudahkan. Khususnya dalam hal persyaratan.

Jika dulu persyaratannya harus lengkap seperti membuat paspor baru, sejak 9 Mei 2017, persyaratan perpanjangan paspor cukup memperlihatkan KTP dan paspor lama sebagai pelengkap.

“Ini adalah terobosan yang dinanti-nantikan oleh masyarakat. Pemerintah memberikan kemudahan dalam pembuatan paspor.

Khususnya masyarakat yang sudah pernah membuat paspor. Dimana persyaratan perpanjangan paspor semakin dipermudah,” kata Kepala Kantor Imigrasi Kelas III Palopo, Samuel Toba saat dimintai keterangannya oleh Palopo Pos, Selasa 16 Mei 2017 kemarin.

Kata dia, “cukup lampirkan KTP dan paspor lama,”.
Tidak ada lagi persyaratan lainnya, seperti Kartu Keluarga (KK), foto copi ijazah dan akte kelahiran
“Kecuali yang ingin melaksanakan ibadah umroh dan haji. Harus tetap melampirkan rekomendasi dari Kemenag dari daerah masing-masing,” jelasnya.

Perpanjangan paspor dengan kemudahan persyaratan, sebutnya, itu berlaku untuk paspor yang dibuat sejak tahun 2009 hingga sekarang. Ini diberlakukan sejak tanggal 9 Mei 2017, sebagai salah satu bentuk peningkatan layanan di kantor Imigrasi untuk semakin mudah memperoleh paspor.

“Kalau tarifnya tetap sama, yakni Rp335 ribu,” ucapnya seraya menambahkan bahwa untuk sesi wawancara dan foto tetap dilalui. Hanya saja, prosesnya lebih cepat.(ara/rhm)

LANJUT PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top